3 Ciri Durian Musang King Asli, Jangan Sampai Tertipu!

ADVERTISEMENT

Legit Creamy Durian

3 Ciri Durian Musang King Asli, Jangan Sampai Tertipu!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 15 Jul 2022 13:00 WIB
Durian Musang King, salah satu varietas durian unggulan dan populer di Malaysia
Foto: Getty Images/iStockphoto/ThamKC
Jakarta -

Durian musang king jadi primadona karena kualitasnya yang istimewa. Sebelum membelinya, kenali dulu ciri durian musang king asli agar tak tertipu.

Tiap pencinta durian punya jenis durian favoritnya masing-masing. Dari Thailand, misalnya, ada durian montong yang terkenal.

Lalu dari Malaysia ada durian musang king yang tak kalah populer. Nama lainnya mao shan wang yang punya arti harfiah 'raja kucing'.

Durian musang king punya beragam fakta menarik. Di negara asalnya yaitu Malaysia, durian ini diberi kode D-197 merujuk pada tercatatnya varietas ini sebagai varietas durian ke-197.

Konon durian musang king pertama kali dikenal publik pada tahun 1990. Saat itu di kawasan Tanah Merah, Kelantan, Malaysia muncul pohon durian yang menghasilkan buah berkualitas.

Daging buah duriannya berwarna kuning terang, teksturnya tebal lembut, dan rasanya manis sedikit pahit. Kelebihan lainnya, durian ini punya biji yang kecil dan hampir kempis.

Durian Musang King, salah satu varietas durian unggulan dan populer di MalaysiaDurian Musang King, salah satu varietas durian unggulan dan populer di Malaysia. Foto: Getty Images/iStockphoto/ThamKC

Pada tahun 1993 ada warga bernama Wee Chong Beng yang mendaftarkan durian ini sebagai durian unggul dengan nama Raja Kunyit. Hal ini lantaran warna daging buahnya yang kuning terang seperti kunyit.

Tapi banyak orang juga menyebut durian Raja Kunyit sebagai Musang King, merujuk pada lokasi pohon induk durian yang berlokasi di dekat Gua Musang di Kelantan.

Durian ini langsung jadi primadona karena kualitas durian dari hasil panen tergolong stabil, kualitas rasanya pun istimewa. Tak butuh waktu lama untuk durian musang king mencuri perhatian para pencinta durian.

Popularitas durian musang king juga sampai ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Indonesia. Banyak orang rela merogoh kocek dalam demi menikmati durian ini.

Di Indonesia, durian musang king dijual dalam kondisi utuh maupun beku untuk daging buahnya saja. Di situs belanja online, durian musang king utuh ada yang dibanderol Rp 1,2 juta!

Lalu untuk daging durian musang king beku, dijual sekitar Rp 285 ribu per kotak. Beratnya sekitar 400 gram. Durian ini konon diimpor langsung dari Malaysia.

Karena harganya yang mahal, tak sedikit penjual durian nakal memalsukan dagangannya. Mereka menjual durian biasa yang kemudian dilabeli durian musang king.

Agar tak tertipu, kenali dulu ciri khas durian musang king. Lihat informasi di halaman selanjutnya.



Simak Video "Main-main ke Pusatnya Durian Nusantara Berkualitas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT