Ada Sejak Berabad Silam, Meski Beraroma Tajam Durian Tetap Populer

ADVERTISEMENT

Legit Creamy Durian

Ada Sejak Berabad Silam, Meski Beraroma Tajam Durian Tetap Populer

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 12 Jul 2022 19:00 WIB
Durian premium
Foto: iStock
Jakarta -

Durian identik dengan aroma yang tajam. Meskipun begitu, durian banyak disukai orang apalagi durian premium yang dagingnya tebal, lembut dan berharga fantastis.

Durian merupakan jenis buah tropis dari spesies Durio zibethinus yang berasal dari Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan lainnya. Buah beraroma tajam ini dijuluki sebagai raja buah.

Di Indonesia, durian dipercaya pertama kali tumbuh di daerah Kalimantan dan Sumatra sejak ratusan tahun lalu. Terbukti, bahwa tanaman durian pun tercatat di relief Candi Borobudur.

Pada relief tersebut digambarkan adanya pohon durian yang tumbuh dan berbuah. Bentuk buahnya sangat jelas dengan ciri-ciri durian. Bahkan digambarkan buah durian itu tumbuh bergerombol.

Durian premiumDurian tercatat pada relief Candi Borobudur Foto: iStock

Baca Juga: Durian di Fakfak Rp 100 Ribu Dapat 6, Netizen Bandingkan Harga Durian di Daerah Lain

Durian juga tumbuh di Malaysia dan menyebar ke berbagai negara di Asia. Dikutip dari Durians (29/01) pada 400 tahun lalu, durian mulai dikirim ke Myanmar dan menyebar ke Thailand hingga Vietnam Selatan.

Bukti bahwa durian sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini terlihat melalui catatan Dan Conti. Seorang penjelajah dari Eropa, yang berkunjung ke Asia Tenggara pada abad ke-15.

Kini durian begitu populer apalagi memiliki varietas yang beragam. Di Indonesia sendiri ada sekitar 55 varietas durian mulai dari yang murah hingga yang harganya fantastis.

Bagi pecinta durian, mereka rela menggelontorkan banyak uang demi menikmati sensasi durian premium yang berdaging tebal, lembut dan harum. Salah satu ada varian J-Queen asal Banyumas yang pernah terjual seharga Rp 14 juta.

Durian premiumDi Indonesia ada banyak varietas durian dengan kualitas dan harga fantastis Foto: iStock

Baca Juga: Cukup Bayar Rp 828 Ribu Bisa Makan Durian Premium AYCE Sampai Mabuk

Yang unik ada juga varietas durian tai babi dari Bangka yang harganya bisa mencapai Rp 550 ribu per kilogram. Begitu juga dengan durian Bawor, durian Medan, durian Kawuk dan masih banyak lagi.

Saking populernya durian, bahwa di Jawa Timur ada beberapa agrowisata yang menawarkan sensasi petik durian dan menikmati durian langsung di perkebunan.

Ulasan detikFood kali ini kami akan membahas seputar durian yang sedang musim di bulan-bulan ini. Kami akan memberikan rekomendasi tempat beli durian premium hingga tempat jajan dessert durian.

Bukan hanya durian lokal, kami juga akan membahas tentang durian dari Malaysia yang populer, seperti Musang King, Mao Shan Wang dan durian Golden Pillow yang berasal dari Thailand.

Kami juga akan memberikan tips membeli durian, tips makan sehat dan meluruskan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tentang efek makan durian. Karenanya simak terus ulasan detikFood ya.

Baca Juga: Heboh Penipuan Durian Rp 1 Juta, Ini Klarifikasi Penjualnya



Simak Video "Berburu Durian Sultan di Kawasan BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT