ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

YouTuber Ini Berhenti Minum Kopi Selama Sebulan, Hasilnya Mengejutkan!

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 15 Jul 2022 08:00 WIB
YouTuber Ini Berhenti Minum Kopi Selama Sebulan, Hasilnya Mengejutkan!
Foto: YouTube Cam Jones
Jakarta -

Youtuber Ini penasaran ikut tantangan berhenti ngopi selama sebulan penuh. Iapun memberikan hasil yang mengejutkan.

Banyak orang yang tak bisa lepas dari kopi, terutama di pagi hari. Minuman berkafein yang diklaim memiliki banyak manfaat jika diminum secara teratur ini, sering dijadikan sebagai dumber energi di pagi hari agar orang lebih bersemangat.

Hal inilah yang membuat YouTuber ternama asal Kanada, Cam Jones memutuskan untuk membuat video tantangan tidak minum kopi selama 30 hari.

Cam menjabarkan apa saja yang dirasakan tubuhnya selama ia puasa ngopi selama 30 hari penuh.

Dilansir dari Men's Health (14/07), berikut pengalaman Cam Jones.

Baca Juga: Estetik! Kafe di Garut Ini Berdiri di Rumah Zaman Belanda" selengkapnya


Tantangan 30 Hari Tanpa Kopi

YouTuber Ini Berhenti Minum Kopi Selama Sebulan, Hasilnya Mengejutkan!YouTuber Ini Berhenti Minum Kopi Selama Sebulan, Hasilnya Mengejutkan! Foto: YouTube Cam Jones

Lewat kanal YouTube Goal Guys, YouTuber Cam Jones yang memiliki subscribers lebih dari 300 ribu ini menjelaskan dirinya ingin ikut tantangan puasa ngopi selama 30 hari.

"Dilihat dari bagaimana tergantungnya saya terhadap kopi untuk berfungsi sepanjang hari. Saya sudah membayangkan yang terburuk dari puasa kopi. Tapi kalau memang puasa kopi ini bisa membantu mengembalikan jadwal tidur saja, dan keseimbangan energi saya, maka semuanya tidak akan sia-sia," komen Cam Jones.

Uniknya, Cam Jones merekam setiap hari aktivitas dirinya selama 30 hari penuh. Dari hari pertama tanpa kopi sampai hari terakhir.


Hidup Tanpa Kopi Bagi Penggemar Kopi


Tentunya Cam yang sudah ketergantungan dengan kopi, mulai mengubah pola ngopinya di pagi hari, dengan minum teh rooibos yang bebas kafein.

"Awalnya biasa saja. Tapi beberapa jam setelah saya kerja, saya mulai merasa lelah dan lemas karena tidak mengonsumsi kafein. Saya semakin lelah karena tidak bisa minum kopi," ungkap Cam.

Walau awalnya sangat sulit bisa bertahan hidup tanpa kopi. Tapi dia tidak sabar ingin tidur lebih cepat. Namun harapannya itu sia-sia. Karena meski dia sudah berhenti minum kopi, dirinya masih saja kesulitan tidur di minggu pertama.


Jadi Sulit Fokus Saat Bekerja


Seminggu bebas dari kopi, bukannya merasa lebih baik. Cam justru merasa sulit untuk fokus saat bekerja.

Tentunya Cam tak ingin dirinya jadi benar-benar ketergantungan dengan kopi. Akhirnya ia mulai mengganti rutinitasnya. Seperti jadi rajin tidur siang, perbanyak minum air putih, mulai rutin olahraga ringan, dan menyantap makanan yang sehat.

Agar tidak ngantuk di pagi hari. Alih-alih minum kopi, dirinya mandi dengan air dingin agar lebih semangat.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT