ADVERTISEMENT

Burger Rasa Daging Manusia Menang Penghargaan Meski Picu Pro Kontra

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 11 Jul 2022 19:00 WIB
Burger Rasa Daging Manusia Menang Penghargaan Meski Picu Pro Kontra
Foto: Instagram eat_oumph
Jakarta -

Ragam produk daging nabati diproduksi perusahaan makanan asal Swedia, Oumph! Namun salah satu menu mereka picu pro kontra karena menawarkan rasa daging manusia. Seperti apa ya?

Kreasi daging nabati atau daging vegan kini makin digemari. Dengan kemajuan teknologi, produsen makanan bisa membuat makanan dari 100% bahan nabati untuk meniru makanan berbahan daging hewani.

Misalnya saja daging babi vegan, patty burger vegan, hingga chicken nugget vegan. Produk ini kerap jadi alternatif santapan pelaku vegan dan vegetarian.

Namun bagaimana jika sebuah produk vegan meniru rasa daging manusia? Tentu saja hal ini menuai pro kontra mengingat daging manusia bukanlah daging konsumsi.

Produk ini diperkenalkan perusahaan makanan asal Swedia, Oumph! yang memang fokus pada produk vegan. Untuk Halloween tahun lalu, pihaknya merilis Human Meat Plant-Based Burger yang diunggah ke Instagram (23/6/2022).

Burger Rasa Daging Manusia Menang Penghargaan Meski Picu Pro KontraBurger rasa daging manusia diperkenalkan Oumph! sebagai rangkaian produk Halloween. Foto: Instagram eat_oumph

Pihak Oumph! menulis kalau produk burger ini menang penghargaan bergengsi untuk bidang periklanan, Cannes Lions Festival of Creativity. "The Human Meat Plant-Based Burger baru saja dianugerahi Silver Lion di @cannes_lions dan kami sangat senang," kata unggahan itu.

Mengutip Food NDTV (7/7/2022), burger vegetarian Oumph! ini dibuat dengan berbagai bahan seperti kedelai, jamur, dan protein gandum. Ada juga tambahan bahan lipid nabati dan campuran rempah rahasia untuk tingkatkan rasa.

Netizen lantas ramai mengomentari produk burger rasa daging manusia ini di unggahan Instagram @eat_oumph. Salah satu dari mereka bertanya bagaimana caranya mereka tahu rasa daging manusia?

"Kami sudah menjalani rangkaian riset yang sangat panjang untuk memahami seperti apa tekstur dan rasa yang kami inginkan," kata pihak Oumph! Seorang netizen lantas mempertanyakan, "Riset" yang dimaksud.

Lalu ada juga yang terang-terangan mencibir konsep burger rasa daging manusia ini. "Saya berharap perusahaan kalian dapat hukuman," kata netizen itu.

Oumph! lalu menjawab maksud lain di balik peluncuran menu ini. "Karena kami memiliki keahlian dan pengetahuan untuk membuat produk nabati yang rasanya seperti jenis daging apapun, kami ingin mencoba sedikit melampaui batas pada Halloween tahun lalu."

Benarkah Burger Nabati Lebih Sehat Dibanding Burger Daging? Ini Kata AhliBurger nabati semakin populer dan diminati pelaku hidup sehat. Foto: iStock

Mereka melanjutkan, "Dengan burger (rasa daging manusia) ini kami ingin menciptakan kesadaran menuju keyakinan kami bahwa satu-satunya cara manusiawi untuk makan burger adalah memilih produk burger nabati."

Tak sedikit juga netizen dari Amerika Serikat yang menanyakan pengiriman produk ini ke sana. Sayangnya Oumph! hanya menjual burger rasa daging manusia ini pada Halloween tahun lalu.

"Hanya dijual saat Halloween, karena kalau tidak akan sangat menyeramkan," kata Oumph!. Tak lupa mereka menyertakan emoji seperti malu-malu.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT