ADVERTISEMENT

50 Resep & Tips Olahan Daging Kurban

Rendang Darek dan Rendang Pesisir Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 09 Jul 2022 16:04 WIB
Kocak! Penyanyi Ini Cari Rendang Sapi 4 Kg yang Hilang Karena Salah Masuk Mobil
Foto: Twitter/iStock
Jakarta -

Rendang bisa dibuat dari beragam bahan. Namun, secara garis besar rendang Minang punya dua jenis. Rendang darek dan rendang pesisir, meski serupa tapi tak sama.

Sebagai salah satu makanan warisan budaya kuliner Indonesia yang kaya akan cita rasa, rendang punya banyak cerita. Rendang biasa diracik dengan bumbu berbeda di tiap daerah di Sumatra Barat.

Meskipun bisa diracik dari berbagai bahan. Selain daging sapi bisa dipakai dedaunan, potongan singkong, lokam, paru, telur dan lainnya. Namun, rendang di Sumatra Barat dikenal ada dua jenis atau tipe.

Pertama ada rendang darek yang terkenal dengan bumbu hitam pekatnya. Kemudian ada rendang pesisir yang tampil lebih cokelat pekat kemerahan dan dikenal luas oleh banyak orang di luar Sumatera Barat.

Meski serupa tapi tak sama, dua tampilan rendang darek dan pesisir ini ternyata memiliki sejarah panjang hingga muncul dua aliran ini.

Berikut beberapa perbedaa antara rendang darek dan rendang pesisir.

Baca Juga: Jejak Budaya Luso Asia dalam Racikan Rendang Minang" selengkapnya


Tradisi Merantau Orang Minang

5 Tips Masak Rendang Autentik Minang yang Empuk dan Hitam BumbunyaFoto: Getty Images/iStockphoto/LauriPatterson

Dalam sesi diskusi online 'Bentang Riwayat Sekerat Rendang' yang diselenggarakan oleh National Geographic Indonesia (07/07). Reno Andam Suri, selaku pakar kuliner Minang sekaligus Founder Rendang Uni Farah menjelaskan perbedaannya.

"Dulu rendang itu dikaitkan dengan merantau. Kenapa dikaitkan dengan merantau? Karena dulu orang-orang Minang ini sering merantau, karena mereka ingin mencari kesuksesan jika belum bisa berguna di tanah kelahiran sendiri. Akhirnya mereka merantau ke daerah lain," ungkap Reno, yang menciptakan buku 'Rendang: Minang Legacy to The World'.

Dari merantau ini lah banyak orang Minang yang membawa bekal makanan untuk disantap di perjalanan. Mereka kemudian membuat sajian yang berbalut bumbu dan rempah, yang bisa tahan hingga berbulan-bulan yaitu rendang.



Simak Video "Dubes RI untuk Bulgaria Sukses Tarik Investasi Bahan Makanan USD 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT