ADVERTISEMENT

9 Makanan Lembut untuk Pengguna Behel, Tak Hanya Bubur!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 07 Jul 2022 10:30 WIB
Healthy smile girl with braces
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Banyak pengguna behel merasakan sakit saat makan, terutama di minggu-minggu awal pemakaian. Sebagai solusi, coba pilih 9 makanan lembut untuk dikonsumsi ini.

Demi tampilan gigi rapi, banyak orang pilih memakai kawat gigi atau dikenal dengan behel. Alat ini berupa bracket logam yang melekat di masing-masing gigi.

Dalam pemakaiannya, pada minggu-minggu pertama, pengguna behel mungkin merasakan sakit saat makan. Sakitnya berupa ngilu saat membuka mulut hingga saat mengunyah makanan.

Mereka pun disarankan mengonsumsi makanan lembut oleh dokter gigi. Pilihan makanan lembut ini tak hanya bubur, ada juga menu lain yang bisa dicoba.

Menu ini rasanya enak dan mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk tubuh. Apa saja rekomendasinya?

Berikut 9 makanan lembut untuk dikonsumsi pengguna behel seperti dikutip dari Says (6/7):

1. Sup

Sup jadi 'comfort food' untuk banyak orang. Makanan berkuah ini juga disebut ahli gizi penuh nutrisi karena isiannya yang lengkap.

Untuk pengguna behel, hindari dulu sup isi potongan sayuran yang sulit dikunyah. Kamu bisa pilih sup miso, sup telur, atau sup krim jamur. Pakai jamur yang sudah dihaluskan di blender agar tak sulit dikunyah.

2. Mashed potato

Mashed potato in bowl and fresh potatoes on wooden tableFoto: Getty Images/iStockphoto/Amarita

Olahan kentang tumbuk yang populer dengan nama mashed potato ini juga bisa jadi ide makanan lembut untuk pengguna behel. Rasanya yang enak dan sifatnya yang mengandung karbohidrat bisa memuaskan selera.

Mengolahnya pun gampang. Kentang bisa dikukus, dipanggang, atau ditaruh di microwave. Haluskan kemudian campurkan dengan mentega leleh dan garam sebagai bumbu.

3. Yoghurt

Makanan lembut untuk pengguna behel selanjutnya adalah yoghurt. Dimakan dalam keadaan dingin, makanan ini juga bisa meredakan rasa nyeri akibat bengkak dari pemakaian behel.

Ada banyak pilihan yoghurt kemasan di pasaran, tapi kalau mau yang lebih sehat, pilihlah yang rendah gula. Bisa juga beli Greek yogurt lalu nikmati bersama topping buah lembut.

4. Smoothies dan milkshakes

Dibayar Rp 100 Juta, Pria Ini Rela Minum Smoothies Isi BakteriFoto: TN News

Dua minuman ini sifatnya mengenyangkan sehingga bisa jadi solusi menumpas rasa lapar tanpa harus mengunyah. Smoothies dan milkshakes juga pasti bakal disukai pencinta minuman manis.

Kamu bisa membuatnya dari kombinasi berbagai buah seperti stroberi, pisang, nanas, atau mangga. Tambahkan juga bubuk kopi, cokelat, atau selai kacang untuk perasa. Kedua minuman ini juga bisa dikreasikan dari segi penggunaan susunya, mau susu kedelai, almond, atau oat. Semuanya bikin smoothies atau milkshakes makin enak!

5. Es krim

Buat pengguna behel ada kabar bahagia! Memakai behel bisa jadi alasan tepat untuk kamu sering-sering makan es krim. Dessert ini memang jadi salah satu yang disarankan untuk dikonsumsi.

Pilih varian es krim sesuai selera, tapi kalau kamu sedang diet, pastikan pilih jenis yang rendah gula serta lemak. Waspadai juga es krim yang diberi banyak bahan tambahan.

Rekomendasi makanan lembut lain untuk dinikmati pengguna behel ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Uniknya Terong Goreng Madu hingga Bayam Telur Asin di Resto Medan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT