ADVERTISEMENT

Pesan Makan Online vs Langsung, Pria Ini Kaget Harganya Beda Jauh

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 06 Jul 2022 14:30 WIB
Bandingkan pesan makan online dan oflline
Foto: livemint.com
Jakarta -

Seorang pria membandingkan harga saat pesan makan online di sebuah restoran dengan harga jika membelinya langsung. Mengejutkannya, ternyata harga makanan itu jauh berbeda!

Aplikasi online untuk membeli makanan memudahkan siapapun yang malas beli makan di luar. Tetapi sayang, pada beberapa aplikasi itu, harga dari seporsi makanan umumnya akan naik sedikit karena ada biaya jasa dan lain sebagainya.

Mungkin sedikit tambahan biaya tak jadi masalah pada sebagian orang, tapi jika biayanya sangat mahal, hal ini patut dipertanyakan. Baru-baru ini ada seorang pria yang sengaja membandingkan harga makanan saat dipesan online dengan harga makanan yang dibeli langsung.

Melansir livemint.com (04/07), pria bernama Rahul Kabra di India membagikan dua foto yang menunjukkan pesanan makan yang sama tetapi dengan harga berbeda. Makanan yang dipesan oleh pria ini berisi sayuran dengan saus lada hitam, nasi goreng, dan jamur.

Dari unggahan LinkedIn-nya itu, terlihat bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk keduanya sangat berbeda jauh. Rahul mengeluarkan uang sebesar Rp 97 ribu untuk pesanan yang dibeli langsung di restoran.

Bandingkan pesan makan online dan ofllineRahul Kabra di India membagikan dua foto yang menunjukkan pesanan makan yang sama tetapi dengan harga berbeda.Foto: livemint.com

Sementara ketika dia membeli makanan yang sama persis melalui sebuah aplikasi online, dirinya harus mengeluarkan biaya yang lebih besar yaitu ₹689,90 atau Rp 130 ribu!

Rahul lantas kaget dengan tagihan yang lebih besar ini. Dia mengungkapkan bahwa aplikasi itu berarti telah menagih 34,76% lebih banyak dari harga asli.

Setelah membagikan pengalamannya, unggahan Rahul pun menjadi viral dan telah menerima lebih dari 7.600 reaksi. Hampir 1.000 orang turut berkomentar sekaligus membagikan pengalaman serupa.

Bandingkan pesan makan online dan ofllineUnggahan Rahul di LinkedIn menjadi viral dan telah menerima lebih dari 7.600 reaksi dengan hampir 1.000 orang turut berkomentar. Foto: livemint.com

Seseorang mengatakan bahwa dirinya pernah memesan makanan pada aplikasi yang sama. Namun dia memutuskan untuk mengambil sendiri ke restoran itu.

Saat sampai, dia pun terkejut dengan harga yang berbeda. Jika di restoran makanan itu hanya Rp 18 ribu, tetapi biaya yang dibayarkan ke pesanan online itu sebesar Rp 27 ribu.

Netizen lain juga ikut mengatakan bahwa aplikasi makanan itu telah menaikkan harga 30% hingga 40% lebih tinggi. Dia menyarankan jika seseorang memiliki waktu dan biaya yang lebih sedikit untuk mengambil makanan sendiri, sebaiknya tidak perlu menggunakan aplikasi ini.

"Sejak Zomato terdaftar, biaya barang yang sama naik dengan harga 30-40% lebih tinggi dan kami menggunakannya hanya demi menghemat waktu. Jadi jika waktu Anda dan pengeluaran untuk mengambil makanan lebih kecil, sebaiknya Anda tidak pesan makanan lewat aplikasi ini," ujar salah satu netizen.



Simak Video "Masak Masak: Otak-otak Ikan Tongkol Super Endol"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT