ADVERTISEMENT

Lagi! Selebgram Minta Makanan Gratis 'Dibayar' Postingan Medsos

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 05 Jul 2022 16:00 WIB
Selebgram minta endorse
Foto: 7news.com.au / Cindy Tran
Jakarta -

Seorang selebgram menawarkan bantuan promosi ke sebuah restoran yang hampir bangkrut. Niatnya tak tulus, dirinya berujung minta makanan gratis seharga Rp 1 juta!

Akhir-akhir ini ramai influencer atau selebgram yang bekerja dan dibayar untuk mempromosikan suatu produk tertentu. Dengan jumlah pengikut (followers) yang tinggi di media sosial, itu sangat mungkin membuat banyak orang terpengaruh membeli produk yang dipromosikannya.

Namun terkadang beberapa influencer bersikap seenak hati. Mereka lebih mementingkan keuntungan diri sendiri dibanding dengan keuntungan bersama. Seperti sikap influencer ini.

Di Australia terdapat sebuah restoran bernama Miss Katie's Crab Shack yang hampir bangkrut. Restoran ini dimiliki oleh wanita bernama Katie Maron. Namun di tengah perjalannya untuk menutup restoran tersebut, ada seorang influencer yang membuat bebannya bertambah.

Selebgram minta endorseDalam perjuangannya untuk mempertahankan restoran itu, datang seorang influencer yang 'tidak tahu malu' mendekati Katie di Instagram. Foto: 7news.com.au / Cindy Tran

Setelah sembilan tahun beroperasi, Katie diperkirakan akan menutup restorannya secara permanen pada 29 Juli 2022.

Dalam perjuangannya untuk mempertahankan restoran itu, datang seorang influencer yang 'tidak tahu malu' mendekati Katie di Instagram. Ia menanyakan apakah dia bisa membuat konten soal ulasan restoran itu sebelum ditutup.

Awalnya Katie masih bingung dengan tujuan Influencer ini. Namun ternyata, influencer yang tidak diketahui namanya ini meminta Katie untuk memberikan makanan gratis seharga Rp 1 juta kepadanya.

Influencer itu mengatakan akan mempromosikan restoran tersebut di media sosialnya seperti TikTok atau Instagram. Tak gratis, ia meminta balasan berupa voucher makanan gratis dari restoran tersebut.

Melihat sikap seperti ini, Kattie lantas kesal. Namun dia tetap berusaha lembut saat membalas influencer tersebut.

Selebgram minta endorseInfluencer akan mempromosikan restoran tersebut di media sosialnya. Tak gratis, ia meminta balasan berupa voucher makanan gratis dari restoran tersebut. Foto: 7news.com.au / Cindy Tran

Katie mengatakan, "Jangan khawatir, saya bisa meminta pengikut saya dan mempromosikan restoran yang akan membuat banyak orang datang. Tapi pahami jika $100 (Rp 1 juta) itu adalah jumlah yang banyak," balasnya kepada influencer itu.

Restoran milik Katie ini ditutup karena dirinya kesulitan membayar tagihan yang banyak. Terlebih pandemi Covid-19 telah membuat keuangannya makin sulit. Katie menjelaskan bahwa unggahan influencer tersebut tidak akan mampu menutup biaya tagihannya.

Pemilik restoran ini bukannya tidak mau menjamu influencer itu, namun dirinya berharap seseorang akan mendukung dan membayar makanan yang dijualnya untuk terakhir kali sebelum restoran ditutup.

Mungkin jika influencer itu memang niat membantu, dia tidak akan menawarkan suatu hal yang hanya menguntungkan dirinya sendiri. Dengan keadaannya yang hampir bangkrut, pastinya pemilik restoran akan berpikir dua kali untuk menyelamatkan hidupnya dulu.

Percakapan ini kemudian diunggah oleh kritikus Australia, John Lethlean. Unggahan itu membuat banyak netizen marah akan sikap influencer yang tidak tahu malu.

Seorang netizen berkomentar. "Saya benci blogger yang mengklaim satu hal namun realitanya berbeda. Saya sedih Katie's Crab Shack akan tutup, dan kami akan memberikan dukungan penuh sebelum restoran ini ditutup,".

Sementara netizen lain juga ikut geram. "Saya sangat benci blogger makanan yang terlalu berekspektasi bahwa semuanya akan memberikan mereka makanan gratis untuk diulas. Jika kamu memang benar ahli dalam hal ini, bayar makanannya dan hasilkan uang dari iklan berbayar," ucap netizen lain.

Kejadian serupa juga pernah terjadi ketika seorang selebgram minta di-'endorse' oleh salah satu penjual brownies. Ketika sudah dikirimkan, ternyata video 'endrose' yang dibuatnya hanya menunjukkan kemasan brownies tanpa ada isi makanannya.

Sementara selebgram lain juga pernah memesan banyak makanan di restoran tetapi dirinya minta gratis dan dibayar dengan unggahan video di media sosial.



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT