Viral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai 'Exposure'

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 29 Okt 2021 16:30 WIB
Viral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai Exposure
Foto: iStock
Jakarta -

Viral curhatan chef di kafe tentang orang yang mengaku selebgram. Pesan banyak makanan tapi minta gratis dan bayar pakai unggahan di media sosial.

Dengan memanfaatkan jumlah followers yang banyak membuat seseorang bisa disebut sebagai selebgram atau selebriti Instagram. Karenanya mereka sangat berpengaruh di setiap unggahan di akun Instagramnya.

Terkadang banyak orang yang memanfaatkan embel-embel 'selebgram' untuk mendapatkan privilege. Misalnya menginginkan makan gratis di kafe atau restoran.

Baca Juga: Minta Endorse Makanan Selebgram Ini Diarahkan ke Kantor Polisi

Viral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai 'Exposure'Viral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai 'Exposure' Foto: iStock

Dan sebagai gantinya, mereka akan membuat promosi tentang kafe atau restoran yang dikunjungi. Kejadian seperti itu pun belakangan menjadi viral.

Seperti yang terjadi di kafe di sebuah kota di Jawa Timur. Melalui cuitan di Twitter (26/10), chef di kafe tersebut mencurahkan kekecewaanya pada oknum yang mengaku selebgram.

"Jadi keinget cerita ngeladenin selebgram atau food vlogger ngehe. Berasa sultan dandanan wow parah. Dateng gak sendiri, tapi bawa temen-temennya.

Padahal yang sibuk memotret 1 orang. Pas order bilangnya mau pesen semua menu favorit sama chef special of the month," tulisnya.

Viral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai 'Exposure'Viral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai 'Exposure' Foto: iStock

Kepada detikcom (28/10), ia menjelaskan bahwa sebenarnya kejadian tersebut sudah lama. Lebih lanjut, akhirnya mereka pun memesan menu cukup banyak.

Namun, saat di kasir dia menolak untuk membayar dan mengaku sebagai food vlogger. Selain itu, ia juga mengaku kenal dengan pemilik kafe yang dikunjungi.

"Ngakunya kenal owner. Bayar pakai exposure nanti di tag location dan akun Instagram sama dia pas foto naik. Oleh kasir ditolak dia gak terima, marah-marah dong," tulisnya.

Saat itu, kasir telah menawarkan pilihan lain berupa promo. Namun, orang yang mengaku selebgram tersebut menolaknya. Akhirnya ia pun memesan dan tetap membayar utuh.

Viral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai 'Exposure'Viral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai 'Exposure' Foto: iStock

Yang menjengkelkan lagi adalah ketika semua menu sudah datang, ia terdengar ngedumel. Ocehannya terdengar lantaran ia dan teman-temannya duduk di dekat pintu dapur.

"Epicnya lagi minuman minta refill padahal no refill. Terus ngoceh-ngoceh kalau pelayanan gak banget. Kasirnya judes, waiternya jutek, makanannya gak enak tapi habis plus ada yang minta di-takeaway," tulisnya.

Kemudian, para staf di kafe tersebut menceritakan kejadian ke pemilik kafe. Namun, responnya justru di luar dugaan. Owner kafenya juga mengaku tidak mengenal si selebgram.

Pihak kafe sangat menyayangkan adanya kejadian selebgram yang memasak meminta privilege. Apalagi jumlah followers yang dimiliki tidak begitu banyak.

Kelakuan selebgram yang minta makanan gratisViral! Selebgram Minta Makan Gratis di Kafe Bayar Pakai 'Exposure' Foto: iStock

Pasalnya, chef kafe juga menuliskan bahwa pernah ada selebgram yang sudah terkenal saat mampir ke kafe ia menolak berikan diskon apalagi gratis.

Pemilik akun Twitter menegaskan bahwa cuitannya tersebut tidak bermaksud untuk menyudutkan siapapun. Ia hanya ingin berbagi pengalaman tentang apa yang dialami.

"Cuma sharing aja cerita ajaib yang pernah dialami, dulu. Dan kayaknya masih relevan di jaman saat ini. Di saat mencari ketenaran sangat gampang, jadi bisa seenak udele dewe saat pengikutnya banyak," tutupnya.

Baca Juga: Waduh! Selebgram Ini Minta Piknik Gratis 'Dibayar' Pakai Unggahan Medsosnya



Simak Video "Masak Masak: Bikin Donat Kukus Semangka Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)