ADVERTISEMENT

Segar Gurih Gado-gado

5 Warung Gado-gado Langganan Pejabat dan Artis, Prabowo hingga Ruben Onsu

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 01 Jul 2022 14:00 WIB
Terlalu Romantis, Penjual  Ini Tuliskan Tanggal Ultah Istri pada Gado-gado Buatannya
Foto: Twitter/detikFood
Jakarta -

Tempat makan gado-gado yang enak dan sudah terkenal memang banyak. Tapi di tempat makan gado-gado ini, pelanggannya mulai dari pejabat hingga artis ternama.

Sering disebut sebagai saladnya Indonesia. Gado-gado merupakan menu sayur khas Jakaarta, yang berisi aneka sayuran berus seperti kentang, tauge, mentimun, kol hingga kacang panjang.

Biasanya gado-gado dilengkapi dengan tambahan tahu, tempe dan telur rebus. Serta siraman kuah kacang yang menjadi kunci kelezatan menu sayur sehat tradisional ini.

Penggemar gado-gado beragam, dari politisi, pejabat sampai artis memiliki gado-gado langganan mereka sendiri.

Berikut lima rekomendasi tempat makan gado-gado yang jadi langganan politisi dan artis.

Baca Juga: Gado-gado, Berawal dari Makan Racikan Salad Eropa Tanpa Nasi" selengkapnya

1. Gado-Gado Ibu Sumartin

Gado-gado, Berawal dari Makan Racikan Salad Eropa Tanpa NasiGado-gado Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi

Di jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ada gado-gado legendaris Ibu Sumartin yang wajib dicoba.

Berjualan sejak tahun 1986, Ibu Sumartin dan keluarga konsisten menyajikan gado-gado yang enak dengan porsi melimpah. Mulai dari gerobakan, hingga kini Ibu Sumartin berjualan di dalam mobil dan selalu dipenuhi oleh pengunjung.
Sudah Ada Sejak 1986, Gado-gado Ini Jadi Langganan Prabowo hingga Ruben Onsu.

Setiap harinya gado-gado racikan Ibu Sumartin ini mampu terjual hingga 250 porsi per harinya. Untuk masalah rasa, Ibu Sumartin mengaku tidak ada yang spesial dari racikan gado-gadonya ini, semuanya menggunakan bahan dan sayuran yang sama.

Untuk satu porsinya, gado-gado legendaris ini dibanderol seharga Rp 20.000 sudah termasuk potongan lontong yang legit. Sementara untuk gado-gado dengan nasi putih harganya Rp 23.000 saja dan dijamin kenyang.


2. Gado-Gado Portal Bu Maryanti

Di sekitar Cipete Utara, Jakarta Selatan, ada warung makan sederhana yang parkirannya selalu penuh namun makanannya tidak perlu diragukan. Namanya Gado-Gado Portal Bu Maryanti.

Sudah berjualan lebih dari 40 tahun, di sini terkenal dengan menu gado-gadonya yang enak. Racikan bumbu kacangnya diulek dadakan oleh Bu Maryanti, dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Gado-gado ini disajikan dengan kerupuk Padang yang enak.

Di sini rupanya gado-gado yang sudah digemari oleh Chico Jerricho hingga Presiden Jokowi pernah mencicipi gado-gado di sini. Kisaran harganya Rp 20 ribu saja.

3. Gado-Gado Direksi

Gado-gado, Berawal dari Makan Racikan Salad Eropa Tanpa NasiGado-gado. Foto: Getty Images

Di daerah Glodok, Jakarta Barat. Ada tempat makan gado-gado yang dari namanya saja sudah tergambarkan para pelanggan yang makan di sini. Namanya Gado-Gado Direksi.

Nama direksi diambil, dari para pelanggannya yang bukan berasal dari kalangan sembarangan dan kebanyakan politisi hingga pejabat sampai presiden. Seperti Megawati Soekarno Putri, Gus Dur hingga Soeharto.

Selain itu gado-gado ini jadi menu favorit anggota direksi bank-bank besar, meski berjualannya di warung sederhana. Harganya seporsi Rp 40 ribu tapi sebanding dengan kelezatannya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT