ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Makan

Disiram Kuah Gulai, Ayam Geprek hingga Nasi Telor Ini Langsung Viral

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 01 Jul 2022 11:00 WIB
Disiram Kuah Gulai, Ayam Geprek hingga Nasi Telor Ini Langsung Viral
Foto: YouTube
Jakarta -

Kuah gulai yang biasa diolah dari santan dan aneka rempah. Ternyata jadi menu andalan di beberapa menu makanan yang viral dan diburu banyak orang.

Di Indonesia, gulai atau gule merupakan sajian berkuah yang menggunakan bahan pokok daging sebagai lauk utamanya. Misalnya gulai dengan isian daging sapi, ayam, kambing, ikan hingga aneka jeroan.

Nah, gulai ini kadang menjadi hidangan pelengkap di beberapa warung makan. Misalnya seperti ayam geprek yang identik dengan ulekan sambal bawang pedas, namun ada penjual yang menambahkan siraman kuah gulai.

Begitu juga dengan menu nasi telur sederhana tapi digemari banyak orang. Agar orang-orang tidak bosan, beberapa penjual nasi telur, mulai menyajikan hidangannya dengan kuah gulai yang enak.

Berikut lima makanan viral yang disiram dengan kuah gulai enak.

Baca Juga: Harganya Murah dan Rasanya Enak! 5 Steak Kaki Lima Ini Viral" selengkapnya


1. Warung Cobek Aneka

Disiram Kuah Gulai, Ayam Geprek hingga Nasi Telor Ini Langsung ViralDisiram Kuah Gulai, Ayam Geprek hingga Nasi Telor Ini Langsung Viral Foto: Site/YouTube

Letaknya berada di daerah Dago Atas, Bandung. Nama Warung Cobek Aneka mendadak viral, karena menu sajian ayam berbalut tepung krispi yang disajikan dengan kuah gulai mengepul hangat.

Pertama kali dipopulerkan oleh YouTuber Anak Kuliner. Menu di sini cukup menarik, karena penyajian ayam goreng tepung ini disajikan dengan kuah gulai yang kental dan gurih.

Tersedia dua jenis kuah gulai yang bisa dipilih sesuai selera. Misal ayam krispi dengan gulai sapi atau gulai ayamnya. Warung makan sederhana ini sudah ada sejak 2006, dengan kisaran harga dari Rp 16.000 saja per menu sudah pakai nasi.

2. Gultik

Gule Enak di Jakarta Selatan, Selain Gultik Blok MGule Enak di Jakarta Selatan, Selain Gultik Blok M Foto: Google Review

Tak lengkap membahas kuliner viral dengan kuah gulai, jika tidak membawa nama Gultik atau Gulai Tikungan. Menu hits yang satu ini dikenal dengan nasi putih minimalis yang disiram dengan gulai daging di penjual kaki lima.

Gultik banyak ditawarkan oleh penjual kaki lima di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Tepatnya berada di dekat Plaza Blok M dan Bulungan.

Tempat makan gultik di Blok M ada sangat banyak, kamu bisa memilih salah satu di antaranya karena rasa yang ditawarkan tak jauh berbeda. Ada tempat makan gultik yang jadi favorit penulis sekaligus aktor Raditya Dika, yaitu gultik yang penjualnya menggunakan payung merah.

Raditya Dika menjelaskan bahwa nasi gultik langganannya ini enak dan ia sudah menjadi langganan sejak masih duduk di bangku SMA. Satu porsinya berisikan sedikit nasi dan guyuran gulai daging sapi yang tak begitu kental. Harga per porsinya sekitar Rp 15.000-an, tak heran kalau porsinya kecil.

3. Nasi Goreng Mang Ndut

Disiram Kuah Gulai, Ayam Geprek hingga Nasi Telor Ini Langsung ViralDisiram Kuah Gulai, Ayam Geprek hingga Nasi Telor Ini Langsung Viral Foto: Site/YouTube

Jadi kebanggaan warga Sunter, Jakarta Utara. Nasi goreng yang dijual di gerobak dengan nama 'Nasi Goreng Mang Ndut' ini memiliki antrean panjang hingga tiga jam lamanya.

Nasi Goreng Mang Ndut Moro Seneng sudah berjualan di Jakarta sejak tahun 1980-an. Menu nasi goreng di sini terbilang berbeda, karena disiram menggunakan kuah gulai racikan Mang Ndut.

Kelezatannya terletak pada nasi goreng yang disiram dengan kuah gulai panas. Harganya juga murah, dan bisa pesan nasgor dengan sambal sesuai selera. Kisaran harganya sekitar Rp 25.000 per porsi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT