ADVERTISEMENT

Petani Tanpa Tangan Ini Mampu Memasak Pakai Kakinya

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 30 Jun 2022 19:30 WIB
Petani Tanpa Tangan Ini Mampu Memasak Pakai Kakinya
Foto: SCMP
Jakarta -

Memiliki keterbatasan fisik, tak membuat petani ini menyerah. Ia justru memiliki kemampuan luar biasa, yaitu memasak berbagai jenis hidangan dengan kedua kakinya.

Hidup dalam keterbatasan fisik, yang memaksanya harus belajar untuk bertahan hidup menggunakan kedua kakinya. Tidak membuat petani asal Guangxi, China ini putus asa.

Dilansir dari SCMP (29/06), petani yang tinggal di wilayah pedalaman Guangxi ini, dikenal dengan nama Fan Yutian. Ia kehilangan kedua tangannya, ketika mengalami kecelakaan saat usianya baru menginjak tiga tahun.

Namun kertebatasannya ini, tidak mempengaruhi keahliannya dalam memasak, menjahit hingga bertani patut diacungi jempol.

Namanya mulai dikenal oleh netizen China, setelah dirinya rajin mengunggah video tentang aktivitas kesehariannya. Dirinya lebih sering menunjukkan bagaimana kedua kakinya bekerja.

Yang paling disorot adalah keahliannya memasak. Fan memasak hidangan khas China yang cukup rumit, dan bukan makanan instan. Misalnya ia membuat ikan dengan kuah dan rempah China.

Baca Juga: Sendirian, Wanita Ini Minta Driver Ojol Temani Makan Kue Ultah" selengkapnya

Petani Tanpa Tangan Ini Mampu Memasak Pakai KakinyaPetani Tanpa Tangan Ini Mampu Memasak Pakai Kakinya Foto: SCMP


Ia yang menyiapkan ikan tersebut, dari membersihkan sisik ikan, memotongnya, menaburinya dengan garam, sampai memasaknya di atas wajan panas. Semua itu dia lakukan dengan bantuan kedua kaki dan jari-jari kakinya.

"Saya ingin menunjukkan ke semua orang, bahwa dengan kedua kaki saya, saya bisa melakukan semua hal yang bisa orang lakukan dengan tangan mereka," ungkap Fan.

Menurutnya ia mempelajari semua keahlian ini ketika berada di sekolah dasar. Contohnya ia mulai belajar menjahit dan merajut di usia 8 tahun untuk membantu sang nenek.

Kini di usianya yang menginjak angka 33 tahun, ia sudah menjadi bintang internet. Ia membuat keluarganya bangga, dengan semua hasil kerja kerasnya.

Begitu juga dengan keahliannya memasak yang lihai. Seperti masak hotpot, kemudian membuat sayur terong yang ditumis, jamur dan masih banyak lagi. Ia kebanyakan mengambil bahan-bahan makanannya dari kebun.

Selain itu Fan ahli dalam membuat manisan buah, sirup buah, hingga menyeduh teh dan kopi untuk dirinya sendiri.

Petani Tanpa Tangan Ini Mampu Memasak Pakai KakinyaPetani Tanpa Tangan Ini Mampu Memasak Pakai Kakinya Foto: SCMP

Selama ini Fan bergantung hidup dari penghasilannya menjadi petani. Ia bertani jagung hingga buah-buahan. Ia turut menguasai kaligrafi China yang ia jual untuk menambah penghasilan.

Semua rutinitasnya ini ia abadikan dalam bentuk video. Dalam waktu singkat video ini sudah disukai lebih dari 3, 4 juta netizen.

"Saya memiliki mimpi untuk pergi ke semua sekolah, dan memberikan semangat ke semua murid untuk tetap kuat," pungkasnya.

Baca Juga: Dosen Traktir Mahasiswa Makan di Restoran Korean BBQ Bikin Netizen Iri" selengkapnya



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT