ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk

5 Fakta Unik Kopi Robusta, Produksinya Melimpah di Indonesia

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 29 Jun 2022 17:00 WIB
Fakta unik kopi Robusta
Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya Arabika, jenis kopi Robusta juga punya fakta unik. Mulai dari produksi hingga ciri khas pada rasa dan aromanya.

Kopi memiliki dua jenis, yakni Arabika dan Robusta. Umumnya, perdagangan kopi di dunia didominasi oleh Arabika, tetapi bukan berarti Robusta tidak menarik dalam dunia kopi.

Sesuai dengan namanya, Robusta yang diambil dari kata 'robust' atau artinya kuat. Namanya itu mencirikan karakteristik dari kopi tersebut. Di Indonesia, jenis kopi ini banyak peminatnya.

Maka tak heran jika produksi kopi Robusta di Indonesia lebih tinggi daripada kopi Arabika, seperti yang dikutip dari Coffeeland Indonesia. Selain itu, ada fakta unik lagi soal kopi Robusta.

Berikut 5 fakta unik kopi Robusta:

1. Produksi Robusta Lebih Banyak daripada Arabika

Fakta unik kopi RobustaProduksi kopi robusta bisa mencapai 83% dari total produk kopi di Indonesia. Foto: iStock

Tahukah kamu bahwa produksi kopi Robusta lebih banyak dibandingkan kopi Arabika. Produksi kopi robusta bisa mencapai 83% dari total produk kopi di Indonesia.

Sementara 17% sisanya adalah produksi Arabika. Persentase tersebut membuktikan bahwa jumlah produksi Robusta lebih 5 kali lebih banyak. Dan hampir semua kopi Robusta asli Indonesia disukai dunia.

Baca Juga: Biji Kopi Lebih Berkualitas Berkat Bantuan Lebah dan Burung

2. Robusta Lebih Mudah Ditanam

Fakta unik kopi RobustaJenis kopi ini tumbuh subur di ketinggian 700 hingga 1200 mdpl Foto: iStock

Kopi jenis Robusta mudah ditemui di dataran rendah. Biasanya, jenis kopi ini tumbuh subur di ketinggian 700 hingga 1200 mdpl dengan tinggi tanaman antara 4,5 hingga 6,5 meter.

Dengan kondisi itu maka tidak memakan waktu lama untuk memproduksinya. Dengan budidaya yang intensif, kopi Robusta akan mulai berbuah pada umum 2,5 tahun.

Jenis kopi itu juga merupakan kopi yang mudah berkembang, berproses dengan cepat. Selain itu lebih resisten terhadap penyakit karat daun.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT