ADVERTISEMENT

Es Krim Uncle 1 Dollar di Singapura Selalu Hits, Ini 4 Fakta Menariknya!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 27 Jun 2022 14:30 WIB
Es krim Uncle Chieng paling populer di Singapura
Foto: iStock
Jakarta -

Es Krim Uncle 1 Dollar di Singapura selalu berhasil menjadi favorit dari kalangan turis dan warga lokal. Es krim sandwich satu ini memiliki fakta menarik.

Sektor pariwisata Singapura kembali dibuka membuat banyak turis asing pergi berlibur. Wisata kuliner banyak menjadi incaran turis asing. Salah satu yang menjadi favorit mereka adalah Es Krim Uncle 1 Dollar.

Es Krim Uncle 1 Dollar ini selalu diincar oleh turis asing maupun warga lokal. Karena rasa es krimnya enak dan harganya terjangkau.

Bagi yang ingin mengunjungi Singapura, kedai es krim ini bisa ditemui di kawasan Orchard Road. Sekarang penjualnya tak hanya satu saja, tapi ada beberapa penjual serupa.

Salah satu yang legendaris adalah es krim milik Uncle Chieng. Dari dulu hingga sekarang, kedainya hanya berupa gerobak sederhana, namun selalu diantre panjang oleh pelanggannya.

Baca Juga: Hanya Dijual Setahun Sekali, Donat Viral Ini Sudah Ada di PRJ Sejak 1968

Berikut 4 fakta es krim Uncle Chieng yang legendaris:

1. Berjualan Sejak 1965

Es krim Uncle Chieng paling populer di SingapuraEs krim Uncle Chieng paling populer di Singapura Foto: iStock

Kedai es krim sandwich yang terkenal di Orchard, Singapura ini pertama kali didirikan oleh Chieng. Mengutip unclechieng.com (27/6), Uncle Chieng ternyata lahir di Swatow, China, lalu bermigrasi ke Singapura bersama orang tuanya pada tahun 1961.

Kemudian pada tahun 1965, uncle Chieng memutuskan untuk berjualan es krim. Ia memilih berjualan es krim karena kecintaannya pada es krim sejak kecil dan dulunya selalu membantu di kedai es krim milik kerabatnya.

Es krim Uncle Chieng paling populer di SingapuraEs krim Uncle Chieng paling populer di Singapura Foto: Facebook Uncle Chieng

Tak langsung berjualan di Orchard, tapi uncle Chieng menawarkannya secara keliling menggunakan sepeda motor di sekitar Tanglin Halt dan kawasan Chinatown. Ketika Orchard Road mulai muncul sebagai pusat perbelanjaan di Singapura, uncle Chieng memutuskan permanen mendirikan kedainya di depan Ngee Ann City sejak 1990-an hingga sekarang.

2. Menu dan Harga Es Krim Uncle Chieng

Es krim Uncle Chieng paling populer di SingapuraEs krim Uncle Chieng paling populer di Singapura Foto: iStock

Es krim uncle Chieng ini juga dikenal dengan sebutan 'es krim 1 dollar', karena harganya saat itu ditawarkan 1 SGD. Namun kini harganya mengalami kenaikan yaitu sekitar 1,2 SGD (Rp 12.817).

Awalnya, es krim yang ditawarkan hanya berupa es potong biasa dengan stik. Namun karena cuaca yang panas, membuat es krim tersebut mudah mencair. Lalu disajikan dengan selembar roti tawar berwarna pelangi.

Varian es krim yang paling populer adalah durian. Rasanya manis legit dengan aroma durian yang cukup kuat. Masih banyak juga varian lainnya, seperti vanilla, cokelat, peppermint, green tea, hingga chocolate chip.

Tak hanya menggunakan roti tawar saja, tapi es krim uncle ini bisa disajikan dengan wafer yang renyah. Kini uncle Chieng juga menyediakan menu cone dan cup.

Baca Juga: Perbedaan Cara Makan Bule di Indonesia Saat 1 Minggu dan 5 Bulan



Simak Video "Singapura Tarik Dua Varian Es Krim Haagen Dazs dari Peredaran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT