Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari Hobi Masak dan Pemuja Kuliner Lokal

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 24 Jun 2022 14:30 WIB
Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari Hobi Masak dan Pemuja Kuliner Lokal
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Sebagai seorang Puteri Indonesia dan Miss Universe Indonesia 2022, Laksmi Shari mengungkapkan rasa bangganya pada kuliner lokal. Dirinya bahkan sering memasak makanan Indonesia di Italia.

Menjadi perwakilan dari Indonesia, ada tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang Puteri Indonesia. Mengangkat budaya Indonesia menjadi lebih dikenal di kancah internasional adalah salah satu upaya yang dilakukan mengharumkan nama bangsanya.

Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Laksmi Shari De-Neefe Suardana sebagai Puteri Indonesia 2022 sekaligus Miss Universe Indonesia 2022. Dirinya begitu memperhatikan budaya Indonesia dan berupaya untuk membantu mengembangkannya ke arah lebih baik.

Salah satunya adalah budaya kuliner Indonesia yang kaya diakui memiliki potensi untuk lebih dilirik di mata dunia. Laksmi mengungkapkan dirinya memiliki cara yang unik untuk membawa makanan Indonesia mampu bersaing di dunia.

Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari Hobi Masak dan Pemuja Kuliner LokalLaksmi DeNeefe mengaku bangga akan kuliner lokal. Foto: Instagram/laksmideneefe

Sebagai sosok yang memiliki aktivitas sangat padat, Laksmi mengaku ia sangat menyukai jamu. Terutama racikan jamu khas Bali yang menggunakan kunyit, madu, lemon dan jahe menjadi salah satu rahasianya untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

Baginya, jamu bahkan sudah menjadi bekal yang wajib dibawa saat bepergian. Laksmi bahkan mengungkapkan dirinya suka menambahkan lada hitam untuk menambahkan sensasi hangat dari jamu yang diminumnya.

"Aku itu suka banget minum jamu, kan bagus juga ya untuk imunitas. Apalagi sekarang banyak jamu yang botolan dan kemasan yang siap diminum jadi tidak perlu repot untuk dibawa kemana-mana. Jamu yang paling aku suka itu kunyit pakai lemon, jahe dan sedikit ditambah lada hitam. Enak, lebih hangat," kata Laksmi DeNeefe kepada detikcom saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan (21/6).

Selain jamu, Laksmi DeNeefe juga mengungkapkan bahwa ia juga salah satu pecinta makanan Indonesia terutama makanan khas Bali dan sayur-sayuran. Laksmi DeNeefe menyebutkan makanan kesukaannya seperti gado-gado, karedok, sate dengan lontong, lawar dan beberapa jenis makanan lainnya.

Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari Hobi Masak dan Pemuja Kuliner LokalSaat ditemui detikcom (21/6) Laksmi mengaku suka masak makanan Indonesia saat tinggal di Italia. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Ia juga mengaku kepada detikcom bahwa makanan Indonesia menjadi makanan yang paling dirindukan saat berada di luar negeri. Pernah tinggal di Italia, Laksmi mengaku senang memasak berbagai makanan Indonesia di sana.

"Aku kan pernah tinggal lama di Italia, waktu di sana aku senang banget masak makanan Indonesia. Kalau ada teman-teman yang mau datang, pasti aku sajikan makanan Indonesia sambil mengenalkan juga kepada mereka makanan Indonesia itu seperti ini. Responnya baik sih, semuanya suka," lanjut Laksmi.

Bumbu yang cukup rumit dan bahan-bahan yang lebih kompleks membuat Laksmi cukup kesulitan terutama saat memasak makanan Indonesia di luar negeri. Dirinya mengaku bahwa memasak makanan Indonesia terbilang memakan waktu dan cukup rumit tetapi ia tetap senang melakukannya.

"Tetapi memang makanan Indonesia ini cukup memakan waktu sih. Apalagi di sana (Italia) tidak ada bumbu segar, misalnya kita harus mengganti lengkuas segar menjadi yang bubuk. Tetapi tetap saja aku lebih suka makanan Indonesia kalau di luar negeri," kata Laksmi.

Laksmi juga mengatakan dirinya ingin sekali berperan aktif dan berharap budaya kuliner Indonesia bisa lebih dihargai di kancah Internasional. Bahkan ia juga berharap suatu saat, jika memungkinkan, ia ingin membawa makanan Indonesia untuk rekan-rekannya di ajang Miss Universe.



Simak Video "Banyak Kafe Kekinian, Kuliner Tradisional di Yogya Terancam?"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)