ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner betawi

Harus Mampir! 5 Nasi Uduk Betawi Ini Kondang Gurih Lezat Lauknya

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 24 Jun 2022 14:00 WIB
Nasi uduk Betawi
Foto: iStock
Jakarta -

Nasi uduk dengan lauk ayam goreng dan semur jengkol ada di beberapa warung populer ini. Wajib bersabar bahkan antre jika makan di sana. Ini daftarnya!

Jadi salah satu ikon kuliner Jakarta, nasi uduk Betawi sangat populer. Nasi gurih berbungkus daun pisang plus taburan bawang goreng. Disajikan dengan ayam goreng, empal, semur jengkol hingga kentang.

Beberapa warung nasi uduk Betawi kondang lezatnya hingga puluhan tahun. Bahkan pembeli harus sabar dilayani karena padat pembelinya.

Berikut 5 tempat makan nasi uduk Betawi di Jakarta yang populer kelezatannya:

1. Mat Lengket

Nasi uduk BetawiMat Lengket yang berlokasi di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur Foto: iStock

Pecinta nasi uduk gaya Betawi pasti sudah tak asing dengan warung nasi uduk yang satu ini. Bernama Mat Lengket yang berlokasi di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Nasi uduk di sini terkenal harum dan gurih karena penggunaan santan segar dan rempah berlimpah. Untuk lauknya, nasi uduk di sini disajikan dengan ayam goreng kampung berbumbu kunyit yang khas.

Tekstur ayam gorengnya empuk, rasa bumbunya menyerap hingga ke lapisan daging bagian dalam. Rasanya semakin nikmati ketika dipadukan dengan sambal. Harganya sekitar Rp 25.000

Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket
Jl. Bekasi Timur Raya No.KM. 17.
Pulo Gadung, Jakarta Timur.
Telp: 0899-7305-252
Jam Buka: 17.00 - 22.00

Baca Juga: 5 Nasi Uduk Enak Ini Buka Malam, Cocok Buat Isi Perut Usai Tarawih

2. Kedai Zainal Fanani 1967

Nasi uduk BetawiKedai Zainal Fanani 1967 termasuk yang legendaris Foto: iStock

Di bilangan Kebon Kacang, Jakarta Pusat kamu akan menemukan warung nasi uduk legendaris. Namanya adalah Kedai Zainal Fanani 1967. Sesuai dengan namanya, warung ini sudah ada sejak tahun 1967.

Warung nasi uduk ini menawarkan lauk-pauk yang cukup beragam. Tak hanya ayam goreng saja, tetapi juga ada jantung, empal, paru, udang, babat goreng dan lainnya.

Semua luk tersebut diracik dengan bumbu kuning yang gurih. Nasi uduknya harum cocok dipadukan dengan lauk gorengan. Harganya mulai dari Rp 14.000.

Kedai Zainal Fanani 1967
Jl. Kb. Kacang 8 No.5.
Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 31903863
Jam Buka: 10.00 - 23.00

3. Nasi Uduk Gondangdia

Nasi uduk BetawiNasi uduk di sini masih dibungkus daun pisang yang berbentuk kerucut. Foto: iStock

Nasi Uduk Gondangdia juga tak kalah populer. Sesuai dengan namanya, warung nasi uduk ini berlokasi di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat. Warung nasi uduk ini sudah buka selama 25 tahun.

Uniknya, nasi uduk di sini masih dibungkus daun pisang yang berbentuk kerucut. Untuk lauknya, tersedia ayam goreng, ikan asin, jeroan sapi dan ayam, semur hingga lalapan dan sambal.

Selai nasi uduk, warung ini juga menawarkan sayur asem yang cocok untuk menu pendamping. Seporsi nasi uduk di sini rata-rata dibanderol dengan harga Rp 15.000.

Nasi Uduk Gondangdia
Jl. Cikini IV No. 12.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: 081377745555
Jam Buka: 10.00 - 22.00

Baca Juga: Setelah Rendang Babi, Ada Juga NasiUduk Aceh Lauk Dendeng Babi

4. Nasi Uduk Mas Miskun

Nasi uduk Betawi Warung nasi uduk ini berlokasi di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Foto: iStock

Nasi uduk dengan kondimen lauk komplet juga bisa kamu dapatkan di Nasi Uduk Mas Miskun. Warung nasi uduk ini berlokasi di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Kalau ke sini bisa pesan paket nasi uduk dengan lauk ikan wader goreng. Selain itu, juga disajikan dengan sambal dan lalapan. Masih ada pilihan lauk yang bisa dipesan.

Mulai dari ikan lele, ayam goreng, empal dan lainnya. Harganya terbilang terjangkau, satu porsinya dibanderol sekitar Rp 25.000.

Nasi Uduk Mas Miskun
Jl Percetakan Negara No 15
Senen, Jakarta Pusat
Telp: 021 3907000

5. Nasi Uduk dan Ayam Goreng Lahap


Di kawasan Jakarta Barat kamu akan menemukan warung nasi uduk yang tak kalah enak. Nama warungnya adalah Nasi Uduk dan Ayam Goreng Lahap dengan gaya Betawi.

Menariknya di sini, kamu bisa makan nasi uduk sepuasnya. Seporsi nasi uduk di sini enaknya dipadukan dengan lauk ayam goreng yang gurih. Selain itu, ada juga menu lainnya.

Mulai dari empal dan gurame yang renyah. Harum dan gurih nasi uduk di sini akan semakin enak ketika dipadukan dengan sambal goreng kentang. Harganya mulai dari Rp 12.000.

Nasi Uduk dan Ayam Goreng Lahap
Jl. Tanjung Duren Raya No. 66.
Tanjung Duren, Jakarta Barat.
Telp: 021 5641739
Jam Buka: 10.00 - 23.00

Baca Juga: 'Jakarta Munch' Jual Nasi Uduk Lauk Rendang Autentik di New York

(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT