Bocah Ini Putus Sekolah, Demi Jualan Jamur untuk Bantu Keluarga

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 23 Jun 2022 16:00 WIB
Bocah jualan jamur
Foto: Facebook Rosmaliana Roslan
Jakarta -

Demi membantu perekonomian keluarga, bocah 11 tahun ini rela meninggalkan bangku sekolah. Waktunya dihabiskan untuk berjualan jamur. Ini kisahnya.

Malang sekali nasib bocah 11 tahun di Malaysia ini. Di usianya yang masih belia, ia harus kehilangan waktunya sebagai anak-anak yang seharus disibukkan dengan belajar dan bermain.

Kisahnya jadi viral usai dibagikan oleh Rosmaliana Roslan melalui unggahan Facebooknya. Dalam unggahannya tersebut, ia menceritakan pertemuannya dengan bocah tersebut.

Berawal ketika ia keluar rumah dan membuka pagar, kemudian ia melihat bocah tersebut duduk sambil menawarkan jamur. Awalnya Roslan tidak mau membelinya, tetapi ia tak tega melihat si bocah.

Baca Juga: Demi Keluarga, Bocah Kelas 3 SD Ini Bantu Ibu Jualan Sup Ubi

Bocah jualan jamurBocah jualan jamur Foto: Facebook Rosmaliana Roslan

"Awalnya saya tak mau beli. Tapi dia duduk di luar rumah kami cukup lama dan menyapa kami berulang kali. Aku membuka gerbang dan melihat wajahnya, Ya Allah kasian dia," tulisnya.

Akhirnya, Roslan pun membeli jamur tersebut. Kemudian ia bertanya apakah si bocah sudah makan, bocah tersebut menjawab belum. Karenanya Roslan langsung mengajak si bocah makan di rumahnya.

"Saya membawanya ke dalam dan mengundangnya untuk makan Kuey Teow goreng yang sudah saya masak untuk sarapan pagi," ujarnya seperti yang dikutip dari World of Buzz (22/06).

Saat itulah Roslan bertanya tentang kehidupan si bocah. Rupanya bocah tersebut masih duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 6. Namun, ia terpaksa meninggalkan pendidikannya demi membantu keluarga.

Baca Juga: Bocah Ini Promosikan Jualan Ayam Ayahnya yang Sepi, Hasilnya Viral dan Laris

Bocah jualan jamurBocah jualan jamur tiram untuk membantu perekonomian keluarga Foto: Facebook Rosmaliana Roslan

Ayahnya bekerja di Departemen Korps Sukarelawan Malaysia (RELA). Semenytara ibunya bekerja di Pahang. Ia juga memiliki adik-adik kecil, salah satunya masih duduk di kelas 5 SD.

Ia sendiri diminta oleh ayahnya cuti sekolah untuk membantu ibunya berjualan jamur. Adiknya yang masih kecil pun juga membantu berjualan jamur tetapi di area yang berbeda.

"Allahuakbar, dia seumuran dengan anakku tapi dia sudah berkorban untuk membantu keluarganya," ujar Roslan.

Ia berjualan menawarkan jamur dengan cara mendatangi rumah ke rumah. Kisahnya tersebut menyayat hati Roslan, sehingga ia mempromosikan agar orang-orang juga membeli jamurnya.

Unggahannya pun viral dan menarik perhatian netizen. Banyak netizen yang sedih dengan kisah si bocah yang rela mengabaikan pendidikannya demi bisa membantu perekonomian keluarga.

"Masya Allah, semoga rezeki kamu selalu berlimpah. Supaya kamu bisa kembali sekolah dan menjadi anak yang sukses," tulis netizen.

"Teriris hati saya, mengingat anak saya sendiri. Semoga ia diberikan rezeki yang banyak oleh Allah," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Gantikan Ibu yang Sakit, Bocah Ini Jualan Gorengan untuk Bantu Keluarga



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)