Heboh Cobek Batu Keluar Belatung, Dari Mana Asalnya?

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 19:30 WIB
Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jateng dikenal dengan sentra kerajinan cobek dari batu. Perajin cobek masih bertahan di tengah pandemi COVID-19.
Foto: Dian Utoro Aji
Jakarta -

Belakangan ini heboh di TikTok netizen yang membuktikan adanya belatung pada cobek batu ketika dibakar. Ini penjelasan chef.

Seorang pengguna TikTok dengan aku @krasivaya116 memperlihatkan ada belatung yang keluar dari cobeknya. Belatung itu keluar ketika cobeknya dibakar di atas api.

Video tersebut pun ramai dan membuat pengguna TikTok lain ikut membuktikan. Dan mereka pun terkejut ketika belatung itu benar-benar keluar dari cobek batu yang dibakar.

Hal ini turut menarik perhatian Chef Nausa. Melalui video TikToknya @chefnausa, ia menjelaskan mengapa belatung itu bisa muncul dari cobek.

Baca Juga: Duh! Netizen Ini Apes Banget, Makan Mie Instan Bonus Belatung

Ada belatung keluar dari cobek batuAda belatung keluar dari cobek batu Foto: TikTok @krasivaya116

"Kita pakai asumsi belatung itu tidak mungkin muncul dari suatu tempat tanpa adanya penyebab. Penyebab belatung bisa bersumber dari telur lalat," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa lalat biasa hinggap di satu tempat yang sifatnya kotor. Sementara itu, cobek berbahan batu umumnya memiliki permukaan yang bergelombang atau tidak rata.

"Sehingga proses membersihkannya kita suka gak bersih. Jadi, masih ada kadang-kadang cabe atau terasi yang tersisa di rongga-rongga," lanjut Chef Nusa pada video yang dikonfirmasi detikFood (22/06).

Nah, di rongga tersebutlah yang menarik lalat untuk hinggap dan bertelur. Menurut Chef Nusa, ini tidak hanya terjadi pada cobek saja, tetapi juga daging yang sudah busuk.

Baca Juga: Komplain Ada Belatung di Makanannya, Pelanggan Ini Malah Dicuekin Pemilik Warung

Basic ingredients to make traditional sambal; chilli pepper, garlic, onion, and salt is prepped on wooden cobek.(Indonesia) - Bahan sambal tradisional: cabe rawit, cabe merah, bawang putih di atas cobek kayu.Sebelum dan setelah menggunakan cobek sebaiknya dicuci bersih Foto: Getty Images/iStockphoto/Imanuel Kristianto

Karenanya, Chef Nusa menyarankan untuk membersihkan cobek secara menyeluruh. Jika masih ada sisa-sisa yang menempel sebaiknya disikat sampai benar-benar bersih.

"Kadang kita udah bersihin nih, abis itu kita simpan di tempat yang gak steril alhasil jadi terkontaminasi lagi," tuturnya.

Tak hanya pada cobek, begitu juga dengan talenan kayu. Lebih lanjut, Chef Nusa juga mengatakan untuk membuktikan apakah cobek ada belatungnya bisa dengan cara dibakar atau direndam air.

"Cara mau ngetes selain dibakar juga bisa direndam air. Biasanya belatungnya keluar, kalau habis pakai cobek dan masih ada sisa warna-warna cabe itu sebaiknya disikat aja," tutupnya.

Baca Juga: Keren! Pemuda Ini Budi Daya Belatung Demi Atasi Limbah Makanan



Simak Video "Asam Segar Gado-gado Bon Bin yang Sudah Ada Sejak 1960"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)