ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini 5 Menu Kopi Populer di Kafe, Ada Latte hingga Flat White

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 21 Jun 2022 15:10 WIB
Cup of coffee with macaron on white wooden table from above, flat lay
Foto: iStock

3. Cappuccino

Kafe Revolver Espresso Balicappuccino Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Cappuccino termasuk varian kopi yang terbuat dari bahan utama espresso jlatte . Menu ini juga memiliki campuran steamed milk foam panas yang membuat sajiannya jadi lebih creamy.

Nama cappuccino ini berasal dari bahasa Latin yaitu 'caputium' yang berarti tudung kepala atau topi. Kunci dari sajian cappuccino yang sempurna adalah topping susu foam yang tebalnya 2 cm. Penyajian yang populer dalam kondisi hangat (normal cappuccino) dan dingin (fredo cappuccino).

4. Mochaccino

Cara meracik mochaccino.mochaccino. Foto: iStock

Varian mocchaccino tak jauh berbeda dengan halnya cappuccino. Hanya saja, bahan bakunya ditambahkan bubuk cokelat (kakao). Nama menu satu ini berasal dari tempat asalnya yaitu di negara Mocha, Yaman.

Perbedaan menu ini dengan cappuccino terdapat pada rasanya. Untuk mochaccino, menu ini lebih dominan rasa cokelat dan agak manis. Penyajiannya juga bisa dalam kondisi hangat dan dingin.

5. Flat White

Cup of coffee with macaron on white wooden table from above, flat layflat white Foto: iStock

Flat white sebenarnya mirip dengan latte dalam segi penyajian. Hanya saja ukuran flat white lebih kecil dibandingkan latte. Dalam segi kandungan kafein, flat white lebih besar jumlahnya.

Flat white muncul pertama kali di Australia pada tahun 1980-an. Flat white ini disajikan dalam cangkir ukuran 185 ml. Selain ukuran cangkir yang lebih kecil dibandingkan latte, flat white juga memiliki susu foam yang lebih tipis.

Baca Juga: Duh! Turis Bule Ini Nyaris Kena Getok Harga Gulali Hampir 20 Kali Lipat



Simak Video "Menjajal Menu Buatan Eks Chef Restoran China Ternama"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT