Duh! Turis Bule Ini Nyaris Kena Getok Harga Gulali Hampir 20 Kali Lipat

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 21 Jun 2022 12:30 WIB
Duh! Turis Bule Ini Nyaris Kena Getok Harga Gulali Hampir 20 Kali Lipat
Foto: TikTok/dalephilip
Jakarta -

Hobi berkeliling dunia, traveler asal Inggris ini mengalami kejadian tak menyenangkan di India. Dirinya mengalami kejadian getok harga oleh seorang pedagang gulali.

Banyak jenis konten yang biasanya dibagikan oleh para conten creator. Termasuk mereka yang menjalani profesi sebagai seorang traveler dan seringkali bepergian keliling dunia.

Menyambangi berbagai negara di dunia, membuat mereka cukup belajar tentang budaya negara-negara yang dikunjunginya. Termasuk ketika seorang traveler asal Inggris yang mengunjungi India ini.

Kesulitan bahasa yang digunakan juga menjadi tantangan tersendiri yang tidak jarang justru merugikan mereka. Dale, turis asal Inggris, mengalami kejadian tak menyenangkan saat dirinya mengalami getok harga di India.

Duh! Turis Bule Ini Nyaris Kena Getok Harga Gulali Hampir 20 Kali LipatMengunjungi kota Jaipur, turis asal Inggris ini mengalami kejadian getok harga. Foto: TikTok/dalephilip

Mengutip melalui akun TikTok @dalephilip (20/6) Dale yang sedang menyambangi India ini berkunjung ke kota Jaipur. Jaipur tercatat sebagai salah satu kota terindah di India yang tidak pernah dilewatkan oleh turis yang berkunjung ke Negara Anak Benua tersebut.

Dale yang tengah berjalan santai sambil menikmati sore hari tiba-tiba disambangi oleh seorang pemuda penjual makanan. Dalam video yang dibagikan, Dale bertanya kepadanya makanan apa yang dijajakan di atas kepalanya?

Penjual makanan yang tak bisa berbahasa Inggris tersebut kemudian hanya mengatakan makanan yang dibawanya bernama Loblachi tanpa bisa menjelaskan bagaimana rasanya. Dale yang merasa penasaran akhirnya berniat untuk membeli beberapa makanannya.

Tetapi ia justru dipatok dengan harga yang begitu mahal. Pertama-tama, Dale ditawari dua buah gulali seharga 100 Rupee atau setara dengan Rp 19 ribu. Dale yang terkejut dengan harga tersebut akhirnya menawar gulali hingga harga termurah yang bisa diberikan oleh penjualnya.

Duh! Turis Bule Ini Nyaris Kena Getok Harga Gulali Hampir 20 Kali LipatSetelah hampir kena getok harga hingga 20 kali lipat, turis ini membayar gulali 2 kali lipat dari harga normal. Foto: TikTok/dalephilip

Dikonfirmasi oleh detikcom (21/6) harga gulali yang bernama loblachi tersebut normalnya berharga 5 Rupee atau setara dengan Rp 900. Penawaran harga yang sengit bahkan terjadi antara Dale dengan penjual tersebut.

Hingga akhirnya Dale diperbolehkan untuk membeli satu buah gulali seharga 10 Rupee atau setara dengan Rp 1800. Unggahan video singkat ini menjadi viral dan disaksikan lebih dari 14,2 juta kali dengan puluhan ribu netizen yang ikut merasa kesal melihat kejadian ini.

"(Menurutku) Turis ini cukup keren, dia mau mengenali kurs mata uang di negara yang mau dikunjungi. Jadi tidak mudah untuk tertipu atau dikasih harga mahal seperti ini," tulis salah satu netizen.

"Awalnya ditawari harga 50 Rupee untuk dua buah, kemudian 10 Rupee untuk satu buah. Sepertinya lebih baik beli 10 Rupee tetapi 5 kali beli," jawab netizen lain.

"Terkadang banyak orang yang memang suka mencari keuntungan dari turis. Beberapa orang akan menjual harganya 10 kali lipat dari harga aslinya," sambung netizen yang lain.



Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Bakso Kuburan dengan Sambal Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)