ADVERTISEMENT

Oleh-oleh Kue Jepang Tokyo Banana Tidak Halal, Mengandung Alkohol

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 21 Jun 2022 13:00 WIB
Oleh-oleh Kue Jepang Tokyo Banana Tidak Halal, Mengandung Alkohol
Foto: Instagram yoshito_japan
Jakarta -

Produk kue, biskuit, hingga pastry dari Jepang harus diwaspadai kehalalannya oleh muslim. Ada Tokyo Banana yang ternyata tidak halal. Ini penjelasannya.

Banyak turis muslim membawa oleh-oleh kue atau makanan manis lain setelah liburan dari Jepang. Semuanya terlihat menggugah selera dengan kemasan dan bentuk yang memikat.

Sekilas, produk kue Jepang ini halal dan tidak mengandung bahan-bahan hewani karena bentuknya berupa makanan manis, namun muslim perlu teliti. Faktanya ada banyak bahan makanan nonhalal yang mungkin terkandung dalam kue.

Sebut saja penambahan alkohol dalam krim kue, penggunaan gelatin dari hewan nonhalal, emulsifier, hingga shortening yang tidak diketahui jelas asal-usulnya. Semuanya memang tercantum dalam daftar komposisi, tapi kebanyakan ditulis dalam bahasa Jepang.

Konten kreator yang khusus membahas kehalalan makanan Jepang, @yoshito_japan membahas hukum konsumsi kue Jepang ini bagi muslim. Kue ini terkenal enak dan sering sekali dijadikan oleh-oleh.

detikfood mengutip informasi ini atas seizinnya. Apa saja oleh-oleh tersebut dan di mana titik kritis kehalalannya?

Tokyo Banana Original tidak halal

Oleh-oleh Kue Jepang Tokyo Banana Tidak Halal, Mengandung AlkoholYoshito mengungkap Tokyo Banana varian original tidak halal karena mengandung gelatin dan alkohol. Foto: Instagram yoshito_japan

Pada 15 Juni 2022, Yoshito menjawab pertanyaan banyak netizen soal kehalalan Tokyo Banana. Kue spons berbentuk pisang dengan isian krim manis enak ini sangat populer di Jepang.

Tokyo Banana yang diproduksi sejak 1991 ini dijual di banyak tempat di Tokyo. Variasi rasanya juga banyak, dari yang original, rasa madu, kopi susu, sirup maple, hingga krim custard karamel.

Khusus Tokyo Banana varian original, Yoshito menjelaskan produk ini haram bagi muslim. Dalam daftar komposisi berbahasa Jepang tertulis kalau ada kandungan gelatin dan alkohol (liquor) di dalamnya.

Tapi ada satu produk Tokyo Banana yang disebut Yoshito halal. Produk itu adalah Tokyo Banana Almonds Caramel Sando yang dibuat dari 100% bahan nabati.

Ada Tokyo Banana yang syubhat dan aman dikonsumsi muslim

Mengenai informasi kehalalan Tokyo Banana varian original, situs Have Halal Will Travel (4/8/2019) juga menegaskan hal serupa. Mereka menyebut Tokyo Banana rasa Original tidak halal.

Kue berbentuk pisang ini disebut mengandung gelatin dari bovine (sapi) dan sedikit kandungan alkohol di dalamnya. Dalam bahasa Jepang tertulis ゼラチン (gelatin) dan - 洋酒 (alkohol).

Selain yang original, varian Tokyo Banana yang mengandung gelatin dan/atau alkohol adalah:

1. Tokyo Banana rasa madu
2. Tokyo Banana Racco rasa kopi susu
3. Tokyo Banana Panda rasa krim yogurt
4. Tokyo Banana Heart rasa sirup maple
5. Tokyo Banana rasa krim custard karamel
6. Tokyo Banana Tree rasa krim cokelat pisang
7. Tokyo Banana Baumkuchen
8. Tokyo Banana Raisin Sandwich Cookies

Baca halaman selanjutnya untuk tahu produk Tokyo Banana yang syubhat dan aman dikonsumsi muslim.



Simak Video "Menikmati Bakmi Kering Haji Aman di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT