ADVERTISEMENT

Modal Rp 300 Ribu, Wanita Ini Sukses Jadi Pengusaha Basreng Beromzet Ratusan Juta

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 18 Jun 2022 10:00 WIB
Kisah sukses penjual basreng
Foto: YouTube Pejuang Duit
Jakarta -

Berawal dengan modal Rp 300.000, wanita ini berhasil jadi pengusaha basreng yang sukses. Dalam sehari omzetnya mencapai Rp 250 juta.

Adalah Nadin Fatia, pengusaha basreng yang sukses di usia 21. Melalui channel YouTube Pejuang Duit (11/06) ia membagikan kisah perjuangannya selama mendirikan usaha basreng.

Usaha basrengnya kini bertumbuh pesat dan dikenal dengan merek Raja Ngemil. Awal mendirikan usaha ini, Nadin hanya memanfaatkan modal dari sisa gaji senilai Rp 300.000.

"Dengan sisa gaji waktu itu aku beliin minyak goreng, basreng, kerupuk sama bumbu. Untuk kompor dan alat-alat aku pakai seadanya di rumah," tutur Nadin dalam video yang telah dikonfirmasi detikFood (17/06).

Baca Juga: 5 Restoran Indonesia Sukses di Luar Negeri, Jual Indomie hingga Soto Betawii

Kisah sukses penjual basrengKisah sukses penjual basreng Foto: YouTube Pejuang Duit

Menjalankan usaha basreng rumahan rupanya tak semudah membalikkan telapak tangan. Nadin mengaku sempat diusir oleh tetangganya karena proses produksi basreng yang masif.

"Awal ngegoreng di rumah sampai dikomplain warga. Diusir. Makanya kita pindah ke sini, akhirnya pindah dan ini (tempat) punya temen bapak ngasih harga murah," tuturnya.

Selama menjalankan usaha, satu-satunya yang membuat Nadin semangat adalah kedua orangtuanya. Sebab tujuan Nadin ingin sukses lantaran ingin membahagiakan dan mengangkat derajat orangtua.

Dari yang hanya mendapat puluhan orderan, kini dalam sehari Nadin bisa mendapat ribuan orderan basreng. Penjualannya kemudian semakin bertambah setelah Nadin mengunggah video TikTok.

Baca Juga: Inspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi Kekinian

Kisah sukses penjual basrengKisah sukses penjual basreng yang beromzet Rp 250 juta perhari Foto: YouTube Pejuang Duit

"Aku upload video TikTok lagi goreng basreng, sejak saat itu jadi viral dan semakin banyak orderan. Bahkan yang biasanya cuma 30 orderan, sejak viral sehari jadi 1.000-an," tuturnya.

Maka tak heran jika omzet dalam sehari mencapai Rp 250 juta. Lebih lanjut, Nadin menyebutkan bahwa penjualannya sudah sampai ke luar negeri, tidak hanya Asia tetapi juga Eropa.

Nadin juga memberikan beberapa tips sukses dalam berusaha. Menurutnya, bersedekah adalah kunci mendapatkan rezeki yang melimpah. Selain itu, juga dibantu dengan doa dan restu orangtua.

"Terus juga harus berani coba. Karena percuma kita dengar motivasi sana-sini kalau kita gak gerak. Gak harus modal gede kok," tuturnya.

Kisah sukses penjual basrengNadin Fatia, pengusaha basreng rumahan yang sukses Foto: YouTube Pejuang Duit

Video yang mengisahkan tentang perjalanan selama berusaha basreng langsung ramai dikomentari netizen. Banyak netizen yang termotivasi dengan kisah Nadin.

"Cewek yang hebat. Usia muda sudah bisa punya usaha yang sangat membantu. Semoga anak-anak muda lainnya bisa mengikuti seperti mbaknya. Sukses ya mba," tulis netizen.

"Luar biasa cuma modal dari sisa gaji jadi usaha yang menjanjikan, berkat ketekunan dan keyakinan mbak berhasil. Salut saya," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Anaknya Diterima Jadi Polisi, Penjual Pisang Ini Bagikan Minuman Gratis



Simak Video "Masak Masak: Yuk Bikin Kerang Batik Asam Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT