Inspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi Kekinian

Riska Fitria - detikFood Jumat, 31 Des 2021 11:30 WIB
Inspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi Kekinian Foto: Instagram @minumansejati.id
Jakarta -

Berawal dari doyan ngopi, anak muda ini sukses mendirikan bisnis kopi. Kopi yang ditawarkan pun merupakan hasil racikan dari eksperimen sendiri.

Minum kopi kini telah menjadi gaya hidup. Maka tak heran jika kini banyak bermunculan bisnis kopi kekinian. Seperti yang dilakukan oleh James pemuda berusia 25 tahun asal Jakarta ini.

Di usianya yang masih terbilang muda ia sukses mendirikan bisnis kopi. Kepada detikcom (30/12/21) James mengatakan bahwa ketertarikannya menjalani bisnis kopi ini berawal dari hobinya yang memang suka minum kopi.

"Awal mula bikin bisnis minuman ini karena saya suka minum kopi dan saya coba minuman rasa lain dan akhirnya penasaran untuk coba bikin sendiri," ujar James.

Baca Juga: Kisah Sukses Penjual Bakwan Kawi, Jualan Sejak SMA hingga Punya 7 Cabang

Inspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi KekinianInspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi Kekinian Foto: Instagram @minumansejati.id

Dalam menjalani bisnisnya tersebut, James memulai dengan meracik kopi dengan melakukan eksperimennya sendiri. Minuman yang pertama berhasil dibuat adalah es kopi gula aren dan minuman rasa taro.

Kemudian, ia pun meminta teman dan saudaranya untuk mencicipi kedua minuman racikannya sendiri. Tak disangka mereka pun memberikan respon yang positif, sehingga mendorong James membuka bisnis kopi.

"Untuk racikan kopi nya pure eksperimen sendiri sampai menghasilkan minuman yang enak," ujar James.

Setelah cukup percaya diri akhirnya ia pun mendirikan bisnis kopi kekinian yang dinamakan Minuman Sejati pada tahun 2019. Bisnis kopinya ini hanya berjalan secara online dikelola dari di Pantai Indah Kapuk, Jakarta utara.

Baca Juga: Kisah Haji Dhani Sukses Bisnis Dimsum Setelah Terlilit Hutang Ratusan Juta

Inspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi KekinianInspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi Kekinian Foto: Instagram @minumansejati.id

James mengatakan bahwa untuk mendirikan bisnis kopi ini ia menggunakan modal awal sekitar Rp 5 juta. menurutnya mendirikan bisnis kopi tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Iya kerap mengalami berbagai tantangan apalagi bisnisnya buka di saat pandemi seperti ini. Namun, berkat dorongan dari keluarga dan teman temannya ia pun terus semangat untuk mengembangkan bisnis dengan menawarkan menu-menu yang unik.

Bukan hanya kopi gula aren saja yang ditawarkan, James juga menawarkan minuman kopi yang juga merupakan hasil racikannya sendiri. Mulai dari es kopi kelapa, es kopi doger, es coklat dan minuman kopi rasa es doger.

"Untuk perjuangan yang sangat panjang dan sulit adalah sebuah perjalanan yang selalu memicu semangat untuk terus mempertahankan bisnis minuman ini," ujar James.

Inspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi KekinianInspiratif! Kisah Mantan Chef Muda yang Sukses Jalankan Bisnis Kopi Kekinian Foto: Instagram @minumansejati.id

Untuk membuat bisnis minumannya ini dikenal banyak orang, James pun melakukan promosi melalui media sosial mulai dari tik tok Instagram endorsement hingga menawarkan ke orang sekitar.

Harga yang ditawarkan untuk minuman kopi dan kopi nya tersebut dibanderol mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 28.000. Minuman ini bisa dipesan melalui ojek online, Shopee Food dan Traveloka Eats.

Bergelut di dunia bisnis kuliner bukan kali pertama dilakukan oleh James. Sebelumnya James juga pernah bekerja sebagai chef di salah satu restoran dan hotel.

Baca Juga: Kisah Sukses Penjual Makaroni Pedas, Bisa Kuliah dan Beli Rumah



Simak Video "Kafe Gelato Pet Friendly yang Estetik di Kemang Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Eureka
×
Misteri Multiverse
Misteri Multiverse Selengkapnya