Kisah Haji Dhani Sukses Bisnis Dimsum Setelah Terlilit Hutang Ratusan Juta

Devi Setya - detikFood Selasa, 23 Nov 2021 13:00 WIB
Kisah Haji Dhani Sukses Bisnis Dimsum Setelah Terlilit Hutang Ratusan Juta Foto: youtube Jaga Lilin
Jakarta -

Jatuh bangun menjalani bisnis sudah dirasakan oleh Haji Dhani, seorang pengusaha dimsum. Ia bahkan pernah terlilit hutang ratusan juta karena ditipu sahabatnya sendiri.

Dimsum, camilan China yang disukai banyak orang, tak heran kalau bisnis dimsum ini terlihat menggiurkan. Seperti halnya yang dilakoni pria bernama Ahmad Dhani atau akrab disapa Haji Dhani.

Kisah perjalanan Haji Dhani memulai dan menjalani bisnis dimsum ini dibagikan dalam channel YouTube Jaga Lilin. Ia menceritakan jatuh bangunnya merintis bisnis hingga akhirnya bisa sukses seperti sekarang ini.

Kisah Haji Dhani Sukses Bisnis Dimsum Setelah Terlilit Hutang Ratusan JutaKisah Haji Dhani Sukses Bisnis Dimsum Setelah Terlilit Hutang Ratusan Juta Foto: Instagram @dimsumhajidhanipusat

Diceritakan Dhani, keinginan untuk memulai bisnis makanan sudah dilakukan sejak tahun 2013. Saat itu Dhani masih berstatus sebagai karyawan. Ia memilih menjadi reseller untuk produk frozen food.

Sampai di tahun 2015, Dhani memutuskan untuk resign dan mulai memproduksi dimsum. Untuk resep dimsum buatannya, Dhani awalnya kursus dengan seorang chef dimsum. Sampai akhirnya ia bisa membuat dimsum sendiri.

"Saya memilih bisnis di bidang kuliner. Karena katanya menjalankan bisnis dari hobi, karena hobi makan, wisata kuliner bersama keluarga jadinya memilih bisnis di bidang makanan," kata Dhani.

Ketika dikonfirmasi DetikFood (22/11) pun Dhani menceritakan hal yang sama. Ia memulai usaha dengan bermodalkan keyakinan. Tentu ia juga memastikan produk dimsum buatannya ini berkualitas baik dan rasanya enak.

Dua tahun merintis bisnis dimsum, Dhani akhirnya mengantongi sertifikat izin dari BPOM. Mulai dari sinilah sayap bisnisnya makin terbuka lebar.

"Saya buka beberapa outlet dimsum offline. Alhamdulillah responnya bagus. Lumayan bagus penjualan. Sampai akhirnya ada satu perusahaan katering yang menghubungi saya dan meminta saya memasok dimsum. Akhirnya saya stop outlet offline ini dan fokus memproduksi untuk melayani katering," beber Dhani.

Berawal dari satu katering, lambat laun semakin banyak perusahaan katering yang memesan dimsum dari Dhani. Dengan label 'Dimsum Haji Dhani' kini ia memasok dimsum untuk 45 katering.

Melihat prospek bisnisnya semakin bagus, pada 2018 Dhani kemudian memutuskan membuka kafe dimsum di beberapa lokasi seperti di Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Kisah Haji Dhani Sukses Bisnis Dimsum Setelah Terlilit Hutang Ratusan JutaKisah Haji Dhani Sukses Bisnis Dimsum Setelah Terlilit Hutang Ratusan Juta Foto: Instagram @dimsumhajidhanipusat

Kafe dimsum milik Dhani ini terbilang ramai, namun sayangnya karena minim kontrol. Dhani justru ditipu oleh rekannya sendiri.

"Pernah buka kafe imsum tapi ditipu orang kepercayaan, mengalami rugi ratusan juta di pihak saya. Di sini saya merasa jatuh. Jadi buat pelajaran, segala sesuatunya harus berlandaskan ilmu," lanjut Dhani.

Mencoba bangkit dengan melunasi hutang ratusan juta ini, bisnis Dhani digempur pandemi Covid-19 di tahun 2020. Namun ternyata saat pandemi inilah produknya laris manis.

"Memang jalannya dari Allah, saat pandemi penjualan bagus. Pembelian luar biasa. Kemudian ada brand dimsum besar yang orderannya sangat banyak. Jadi saya buat dimsum tapi pakainya merek mereka. Itu orderannya sampai ribuan butir dimsum dalam seminggu," ujarnya.

Kini setelah sukses berbisnis dimsum, Dhani hanya berharap untuk bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang terutama para karyawannya. "Harapannya supaya bisa lebih bermanfaat, ingin mendapatkan pahala dari adanya bisnis dimsum ini," pungkas Dhani.



Simak Video "Puas Makan Dimsum di Resto Kekinian Yinyang Dimsum"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com