ADVERTISEMENT

Saat Makan Bersama Ibu Selalu Makan Terakhir, Ini Sebabnya

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 16 Jun 2022 18:00 WIB
Saat Makan Bersama Ibu Selalu Makan Terakhir, Ini Sebabnya
Foto: Ilust iStock/Freepik
Jakarta -

Kebiasaan para ibu yang menunggu anak dan suaminya makan, baru dia ikut makan kini mengundang perdebatan. Banyak yang tidak setuju dengan budaya ini.

Entah di Indonesia atau di beberapa negara lainnya, peran ibu sebagai sosok yang selalu merawat keluarga masih terikat erat dengan budaya sehari-hari.

Seperti kebiasaan para ibu, yang biasanya selalu makan terakhir, setelah memastikan semua anggota keluarganya makan.

Meski semua masakan tersebut disiapkan dan dimasak oleh para ibu. Namun mereka tetap menjadi orang terakhir yang makan di rumah. Kebiasaan ini terdengar lumrah dan bukan menjadi hal baru.

Baca Juga: Unggah Foto Ibu Pakai Selang Oksigen Saat Masak, Pria Ini Dibanjiri Hujatan" selengkapnya

Kebanyakan ibu, melakukan hal ini karena memang rasa cinta mereka kepada keluarga, terutama ke anak-anaknya.Karenanya mereka tidak masalah jika harus makan paling akhir di rumah.

Saat Makan Bersama Ibu Selalu Makan Terakhir, Ini SebabnyaSaat Makan Bersama Ibu Selalu Makan Terakhir, Ini Sebabnya Foto: Ilust iStock/Freepik

Dilansir dari Storypick (16/06), kebiasan para ibu yang selalu menjadi orang terakhir makan di rumah, ternyata bisa memicu pro kontra di kalangan netizen di media sosial.

Bermula dari cuitan pengguna Twitter asal India, @malikanshika43 (16/06). Anshika menuliskan bahwa wanita disebut menjadi prioritas utama dalam istilah 'ladies first'. Namun kenyataannya, ibunya selalu makan paling terakhir.

Baca Juga: Unggah Foto Ibu Pakai Selang Oksigen Saat Masak, Pria Ini Dibanjiri Hujatan" selengkapnya

Tak disangka cuitan Anshika ini mengundang lebih dari 250 komentar dari pengguna Twitter. Ada yang membahas bahwa hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan. Ada juga yang menyebut bahwa ibu mereka selalu makan bersama.

"Kamu percaya bahwa hal ini terjadi karena adanya patriarki (mengutamakan laki-laki) di wanita. Padahal para ibu melakukan ini, karena rasa sayang dan cinta mereka terhadap keluarganya. Perilaku ini bisa ditemukan dalam bentuk apa saja," bela @prox***.

"Saya cuma mau tanya, apa kamu tanya kenapa ibu kamu tidak mau makan duluan? Semua orang yang biasanya masak, akan selalu makan terakhir. Karena orang yang masak itu ingin tahu, apakah masakannya ini cukup untuk semua orang. Ini tidak terbatas dari gender atau umur saja. Pernah kamu cek chef di hotel bintang lima makan apa? Makanan sisa dari masakannya," komen @rec**.

Saat Makan Bersama Ibu Selalu Makan Terakhir, Ini SebabnyaSaat Makan Bersama Ibu Selalu Makan Terakhir, Ini Sebabnya Foto: Ilust iStock/Freepik

"Tidak ada yang pernah memaksa para ibu untuk melakukan hal itu. Mereka murni melakukan hal itu, karena rasa kasih sayang kepada keluarga, dan anak-anaknya untuk memberikan mereka makanan yang layak. Hal ini lah yang membuat para ibu merasa puas dan baru bisa makan. Semua ibu itu punya bentuk rasa cinta masing-masing," sambung @rajn**.

Tapi banyak juga yang setuju, bahwa memang tradisi ini sudah seharusnya berubah.

"Ibu yang makan terakhir, sudah menjadi tradisi di budaya kita (India) yang haru diganti," komen @vis**.

Sementara banya netizen yang memastikan bahwa ibu mereka akan makan bersama mereka.

"Saya tidak pernah ingat hal ini terjadi di rumah saya. Pilihannya cuma dua, ibu makan bersama kami. Atau kami menunggu dia selesai, baru makan bersama," cerita @ar**.

"Kita semua selalu makan bersama. Sesekali kita, selaku anak-anaknya memang makan lebih dulu. Tapi kedua orangtua saya selalu makan bersama. Mereka saling menunggu. Tidak hanya masalah makanan, termasuk sesi ngeteh dan ngopi mereka," tutup @sat**.

Perbincangan tentang peran wanita yang tampak dinomorduakan di rumah. Bukan pertama kalinya terjadi.

Sebelumnya netizen di India sempat geram ketika melihat salah satu foto istri pejabat, yang layani tamu penting dengan berdiri seperti pelayan. Ketika sang suami dan para pejabat lainnya tengah makan malam.

Baca Juga: Duh! Foto Istri Pejabat Layani Tamu Penting Saat Makan Malam Bikin Netizen Geram" selengkapnya



Simak Video "Starbucks Indonesia Buka Suara, Karyawan Pengintip Payudara Dipecat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT