ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Makan

Sehat dan Halal, 4 Restoran Ini Sajikan Nasi Padang Vegan yang Sedap

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 13 Jun 2022 17:00 WIB
Loka Padang
Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Masih heboh seputar nasi Padang babi. Banyak restoran spesial nasi Padang, yang menyajikan lauk Minang vegan yang terbuat dari sayuran.

Beberapa hari yang lalu publik heboh membahas tentang pro kontra kemunculan nasi Padang babi yang menggunakan daging babi sebagai bahan dasar utamanya. Meski masalahnya sudah selesai, dengan pemilik usaha kuliner tersebut yang minta maaf.

Topik seputar nasi Padang halal masih menjadi perbincangan hangat banyak orang. Di Jakarta sendiri, banyak tempat makan hingga restoran yang menyajikan menu nasi Padang khusus vegan. Artinya semua bahan masakan yang ada di sana dibuat menggunakan sayur dan rempah, tanpa menggunakan protein atau olahan dari hewan sama sekali.

Selain halal, kesehatannya juga lebih terjaga. Masalah rasa, meski lauk nasi Padang khas vegan ini serupa dengan lauk sajian Minang yang asli. Tapi rasanya tetap dijamin enak, dan tak kalah dari nasi Padang asli.

Berikut empat restoran Padang yang sajikan menu vegan.

Baca Juga: Makanan Murah Sehat Ada di 5 Resto Vegetarian Ini" selengkapnya


1. Loka Padang

Loka PadangLoka Padang Foto: dok. detikFood

Jadi salah satu pelopo restoran Padang vegan pertama di Jakarta. Loka Padang sudah ada sejak tahun 2019 dan masih eksis hingga sekarang.

Soal menu, Loka Padang tawarkan kategori Kudapan, Lauk-Pauk, Sayur-Mayur, dan Lain-lain. Pilihan lauknya ada rendang kentang, rendang jamur, jamur krispi balado, gulai jamur, pepes tahu, hingga soto Padang.

Menu yang favorit ada rendang kentang, aroma dan bumbunya mirip seperti rendang daging sapi. Tekstur kentang yang menggunakan baby potato, menambah kesan enak dan empuk. Selain itu ada juga jamur krispi balado dengan siraman sambal balado Minang yang enak. Kisaran harganya dari Rp 15.000 saja.

2. Vegetarian Bundo Minang

Terletak di Jelambar, Grogol. Sekilas restoran ini mirip seperti rumah makan Padang pada umumnya, dengan display kaca yang berisi tumpukan piring aneka lauk pauk. Namun ciri khas makanan di sini, semuanya menggunakan bahan dasar sayuran, seperti jamur contohnya.

Tampilan nasi Padang vegan di sini juga bikin ngiler. Misalnya kreasi nasi rendang vegan, yang disajikan dengan sayur nangka, daun singkong, kuah gulai dan sambal.

Kemudian ada juga olahan empal cabe hijau, yang cukup unik. Karena dibuat dari jamur, namun rasanya mirip seperti tekstur daging empal yang tidak terlalu keras. Kisaran harganya murah dari Rp 20.000 saja.



Simak Video "Intip 5 Rekomendasi Tempat Kencan Valentine Romantis!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT