ADVERTISEMENT

4 Tips Jitu Potong Bawang Anti Nangis, Gampang Dicontek!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 12 Jun 2022 06:00 WIB
4 Tips Jitu Potong Bawang Anti Nangis, Gampang Dicontek!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz
Jakarta -

Kebanyakan orang selalu menangis alias mengeluarkan air mata saat memotong bawang. Untuk menghindarinya, lakukan 4 tips jitu potong bawang berikut.

Bawang merah dan bawang bombai dipakai dalam banyak masakan, termasuk di Indonesia. Sayangnya mengolah dua jenis bawang ini kerap dihindari karena efek yang ditimbulkan.

Memotong bawang merah atau bawang bombai bisa bikin seseorang mengeluarkan air mata layaknya menangis! Ada sensasi perih dan pedih di mata begitu dua jenis bawang ini dipotong.

Peneliti makanan Brian Chau mengatakan hal ini terkait sistem pertahanan diri dari tanaman bawang. "Bawang merah dan bawang bombai mengembangkan reaksi biokimia untuk melindungi diri mereka dari predator," kata Chau.

Saat kamu memotong sel-sel bawang, tanaman ini melepaskan enzim alliinase bersama dengan senyawa yang dikenal sebagai sistein sulfoksida. Lalu dengan serangkaian reaksi kimia selanjutnya, gas volatil yang disebut propanethial S-oxide tercipta dan menyebar di udara.

"Reaksi tubuh terhadap gas yang menyentuh mata adalah membuat air mata untuk mengeluarkan gas tersebut," kata chef sekaligus ahli gizi Julie Andrews, seperti dikutip dari Insider (3/6). Namun sebenarnya kamu bisa mengurangi efek 'menangis' ini dengan cara memotong bawang yang tepat.

Ini dia 4 tips jitu potong bawang anti nangis:

1. Gunakan pisau tajam

4 Tips Jitu Potong Bawang Anti Nangis, Gampang Dicontek!Tips jitu potong bawang anti nangis, gunakan pisau yang tajam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz

Memastikan pisau tajam perlu dilakukan saat kamu hendak memotong bawang. "Pisau yang tajam meminimalisir kerusakan pada bagian daging bawang sehingga jumlah gas yang dilepaskan berkurang," kata Andrews.

Sebaliknya, pisau tumpul hanya akan membuat memotong bawang lebih sulit dan lama sehingga memungkinkan gas volatil menyebar. Karenanya selalu sediakan pisau tajam di dapur, terutama untuk memotong bawang.

2. Taruh bawang di kulkas lebih dulu

Tips potong bawang anti nangis selanjutnya adalah menaruh bawang lebih dulu di kulkas sebelum memotongnya. Kondisi dingin membuat reaksi kimia yang bakal terjadi berjalan lebih lambat.

Kamu bisa menaruh bawang di kulkas selama 30-45 menit. Keluarkan begitu akan dipotong. Usahakan memotongnya dengan cepat agar gas volatil tak keburu menyebar dan membuat kamu mengeluarkan air mata.

3. Pakai pelindung mata

4 Tips Jitu Potong Bawang Anti Nangis, Gampang Dicontek!Jika tidak ingin menangis saat memotong bawang, kamu bisa gunakan pelindung mata. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz

Jika kamu benar-benar sensitif terhadap bawang, coba gunakan pelindung mata seperti kacamata biasa atau kaca mata hitam saat memotongnya. Cara ini mencegah gas volatil dari bawang mengenai mata secara langsung.

Chau merekomendasikan pilihan terbaik adalah menggunakan pelindung mata yang tertutup di bagian sekelilingnya untuk pencegahan maksimal. Karenanya kacamata renang atau kacamata keselamatan kerja bisa dipakai.

4. Gunakan chopper

Tips potong bawang ini bisa dicoba untuk kamu yang suka kepraktisan. Chau merekomendasikan penggunaan alat dapur khusus untuk memotong bawang seperti chopper atau food processor.

"Kamu dapat mengurangi kemungkinan menangis karena paparan yang lebih sedikit dari bawang, apa lagi bawang diproses secara tertutup," kata Chau. Tak perlu beli yang mahal, chopper khusus memotong bawang juga banyak yang dijual murah, namun tetap efektif.



Simak Video "Tips Ampuh Bersihkan Dapur Biar Nggak Jadi Sarang Virus Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT