ADVERTISEMENT

Manis Legit! Sorabi Hijau Kuntilanak yang Legendaris di Karawang

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 17:30 WIB
Raja Sorabi Hijau M Kasim
Foto: detikcom/Riska Fitria

2. Proses Masak Masih Tradisional

Raja Sorabi Hijau M KasimProses memasak sorabi hijau tersebut juga masih dilakukan secara tradisional dengan kayu bakar Foto: detikcom/Riska Fitria

Kasim menuturkan bahwa sorabi hijau buatannya dibuat menggunakan bahan-bahan asli. Ia menggunakan daun pandan dan daun suji sehingga warna hijaunya terang dan cerah.

Selain itu, penggunaan daun pandan dan daun suji juga membuat aromanya jadi harum. Proses memasak sorabi hijau tersebut juga masih dilakukan secara tradisional dengan kayu bakar.

"Dari dulu masih pakai kayu bakar ini. Saya pakai kayu dari pohon lamtoro atau petai China. Dalam setahun bisa sampai ada 30 truk bawakan kayu bayar," tuturnya.

Proses memasak inilah yang kemudian menjadi ciri khas. Sebab menurut M Kasim, jika dimasak menggunakan kompor bisa merubah warna, rasa, tekstur dan aroma sorabi.

3. Dapat Julukan Sorabi Kuntilanak

Raja Sorabi Hijau M KasimJulukan sorabi kuntilanak didapatkan dari mendiang Dorce Foto: detikcom/Riska Fitria

Raja Sorabi Hijau milik M Kasim ini kemudian mendapat julukan sebagai sorabi kuntilanak. Rupanya julukan tersebut didapat dari mendiang Dorce yang pernah mampir ke gerai.

"Waktu itu Dorce pernah ke sini, mungkin karena di depan warung kita ada TPU ya jadinya tersebutlah sorabi kuntilanak," ujar Kasim.

Meski terdengar menyeramkan, justru dengan julukan tersebut membuat gerai sorabinya semakin ramai. Kini, banyak orang yang mengenal sorabinya dengan sebutan sorabi kuntilanak.

"Ya Alhamdulillah justru sejak saat itu jadi semakin ramai. Banyak orang yang penasaran dan akhirnya datang," lanjutnya.

Baca Juga: Huaah! Tersengat Pedasnya Cilok Goang di Alun-alun Karawang



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT