ADVERTISEMENT

Ngeri! Remaja Ini Hampir Tewas karena Ada Penumpang Pesawat Makan Kacang

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 08 Jun 2022 18:00 WIB
Many peanuts with a syringe and a bottle of medication for allergy on a wood tablecloth
Foto: iStock

Mengenai insiden ini, Joanna mengatakan, "Orang-orang tampaknya berpikir ini bukan masalah serius, tetapi memang demikian dan maskapai penerbangan seharusnya berbuat lebih banyak, Mereka harus melarang orang makan kacang di dalam pesawat jika ada seseorang alergi terhadap kacang."

Joanna juga meminta pihak maskapai penerbangan lebih tegas terhadap orang yang tak mendengarkan larangan. "Tentunya hidup seseorang lebih berharga daripada makan beberapa kacang? Sungguh gila bahwa lebih banyak yang tidak dilakukan tentang masalah ini. Yang bisa dilakukan awak kabin hanyalah meminta seseorang untuk tidak makan kacang dan hanya itu - itu konyol," katanya.

Menanggapi hal ini, juru bicara British Airways mengungkap pandangannya. "Keselamatan dan kesejahteraan pelanggan kami selalu menjadi prioritas kami, dan kami menangani masalah alergen dengan sangat serius. Kru kami merawat pelanggan yang tampaknya menderita reaksi alergi di pesawat, dan mereka mengatur paramedis," ujar mereka.

Sekilas soal alergi kacang

Many peanuts with a syringe and a bottle of medication for allergy on a wood tableclothPenderita alergi kacang bahkan bisa bereaksi hanya ketika menghirup aroma kacang. Foto: iStock

Mengutip Alodokter (8/6), alergi kacang merupakan reaksi tubuh yang muncul ketika mengonsumsi kacang atau makanan berbahan dasar kacang. Reaksi tersebut dapat berupa gatal di kulit, bersin-bersin, muntah, hingga diare.

Alergi kacang bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi dan menganggap kacang sebagai zat yang berbahaya bagi tubuh (alergen). Reaksi ini kemudian memicu tubuh untuk menghasilkan senyawa kimia yang disebut histamin.

Histamin tersebut kemudian memicu munculnya gejala alergi. Histamin dapat menyebar melalui pembuluh darah dan mempengaruhi berbagai jaringan tubuh, seperti kulit, saluran pernapasan, dan usus.

Pada kasus terparah, alergi kacang bukan hanya karena disebabkan penderitanya makan kacang saja, tapi juga ketika alami kontak secara langsung antara kulit dengan kacang atau menghirup bau kacang atau debu yang mengandung kacang.

Gejala alergi kacang sangat beragam, mulai dari ringan hingga parah. Gejala ini bisa muncul dalam hitungan menit setelah penderita kontak dengan kacang.

Gejalanya meliputi sakit kepala, bersin, kulit gatal, bibir bengkak, kram perut, mual muntah, hingga diare. Alergi ini tak bisa disepelekan.



Simak Video "Kisah Pemilik Kue Kacang Di Jember yang Raup Omzet Ratusan Juta"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT