ADVERTISEMENT

5 Olahan Babi Khas Bali untuk Perayaan Hari Raya Galungan

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 08 Jun 2022 11:30 WIB
Makanan untuk Hari Raya Galungan
Foto: iStock
Jakarta -

Kuliner telah menjadi bagian tradisi dan budaya. Dalam tradisi Hari Raya Galungan di Bali, ada beberapa olahan babi khas Bali yang selalu disajikan.

Hari Raya Galungan 2022 jatuh pada hari Rabu 8 Juni 2022. Hari Raya Galungan adalah hari penting bagi umat Hindu untuk memperingati terciptanya alam semesta jagat raya dan seluruh isinya.

Dalam perayaan ini umat Hindu juga merayakan kemenangan kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma). Tentu saja tradisi tersebut tak luput dari kuliner khas.

Bali sebagai salah satu daerah yang didominasi oleh umat Hindu memiliki beberapa kuliner khas untuk menyemarakkan Hari Raya Galungan. Beberapa kuliner tersebut merupakan olahan babi.

Berikut 5 olahan babi untuk perayaan Hari Raya Galungan di Bali:

1. Lawar Plek

Makanan untuk Hari Raya GalunganLawar plek yang hanya menggunakan daging babi mentah Foto: iStock

Kuliner Bali tak pernah lepas dari lawar. Ada banyak jenis lawar, mulai dari lawar putih, lawar merah hingga lawar plek. Umumnya lawar terbuat dari sayuran.

Namun berbeda dengan lawar plek yang hanya menggunakan daging babi mentah. Daging babi tersebut kemudian diracik dengan bumbu base genep khas Bali.

Lawar plek ini populer di daerah Gianyar, Bali. Biasanya lawar plek disantap dengan beberapa menu pendamping, seperti urutan babi dan sate babi.

Baca Juga: Wanita Muslim Ini Tak Sengaja Makan Daging Babi Saat Foto Makanan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT