ADVERTISEMENT

Sedih! Restoran Terapung Ikon Hong Kong Terancam Tutup Permanen

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 07 Jun 2022 15:00 WIB
Sedih! Restoran Terapung Ikon Hong Kong Terancam Tutup Permanen
Foto: Instagram jumbokingdom
Jakarta -

Jumbo Floating Restaurant menjadi ikon restoran terapung Hong Kong sejak 1976. Sayangnya kini pengelola restoran mengaku sulit bertahan di tengah biaya perawatan yang amat mahal.

Hong Kong punya sejumlah restoran terapung yang begitu hits sekitar tahun 2014, namun ada satu restoran yang menjadi ikon dari semuanya. Adalah Jumbo Floating Restaurant yang ukurannya sangat besar, bahkan tak kalah dari kapal pesiar!

Restoran terapung ini dapat dijumpai di Pelabuhan Aberdeen. Sejarahnya begitu panjang, dimulai dari tahun 1976 ketika dibangun oleh Dr Stanley Ho. Sosoknya terkenal sebagai 'Raja Judi' kala itu.

Jumbo Floating Restaurant berdiri setelah direncanakan selama 4 tahun. Konon biaya pembangunannya menelan biaya jutaan dollar Hong Kong. Hal ini tak mengherankan sebab restoran terapung terdiri dari 4 lantai.

Pengunjung yang menyambanginya tak hanya bisa sekadar makan seafood enak, tapi juga menikmati suasana layaknya zaman Dinasti Ming, Tiongkok. Suasana Tiongkok makin kental dengan dominasi warna merah pada interiornya.

Sedih! Restoran Terapung Ikon Hong Kong Terancam Tutup PermanenJumbo Floating Restaurant berdiri pada 1976 dengan bangunan layaknya kapal pesiar dan interior khas Tiongkok. Foto: Instagram jumbokingdom

Jumbo Floating Restaurant juga disebut ikon Hong Kong karena pernah muncul dalam beberapa judul film. Restoran ini juga pernah 'menyambut' kunjungan sejumlah tokoh ternama, mulai dari Ratu Elizabeth II hingga Jimmy Carter, presiden Amerika Serikat ke-39.

Sayangnya kini kejayaan Jumbo Floating Restaurant mulai memudar, bahkan restoran terancam tutup permanen. Mengutip South China Morning Post (7/6), belum lama ini ada insiden terbaliknya tongkang dapur sepanjang 30 meter yang terpasang di kapal utama.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran memeriksa tongkang yang miring hampir 90 derajat itu. Mereka menemukan tak ada korban jiwa atau kehilangan barang. Investigasi masih terus dilakukan untuk mengetahui penyebabnya.

Sedih! Restoran Terapung Ikon Hong Kong Terancam Tutup PermanenJumbo Floating Restaurant yang punya banyak fasilitas ini terancam tutup permanen. Foto: Instagram jumbokingdom

Beberapa hari sebelumnya, perusahaan pemilik Jumbo Floating Restaurant, Aberdeen Restaurant Enterprises, mengumumkan akan memindahkan bangunan kapal itu Hong Kong untuk diperbaiki dan disimpan. Hal ini lantaran 'beban keuangan berat' yang ditanggung perusahaan.

Kabarnya biaya inspeksi, pemeliharaan, dan perbaikan restoran bertema kapal pesiar ini sangat mahal. Tiap tahunnya perusahaan harus menambah dana jutaan dollar.

Aberdeen Restaurant Enterprises juga menawarkan agar restoran terapung ini diambil alih oleh Ocean Park agar nantinya menjadi situs wisata. Tapi sayangnya negosiasi mengenai hal itu tak ada kemajuan.

Menurut Hong Kong Free Press, Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam sebelumnya juga telah berjanji untuk merevitalisasi restoran. Namun dia tampak mengingkari janjinya ketika membahas rencana kapal untuk meninggalkan Hong Kong.

Sedih! Restoran Terapung Ikon Hong Kong Terancam Tutup PermanenOlahan seafood menjadi salah satu menu andalan Jumbo Floating Restaurant. Foto: Instagram jumbokingdom

"Kami telah dengan jelas menunjukkan bahwa pemerintah tidak memiliki rencana untuk menginvestasikan uang dalam pengoperasian restoran," katanya.

Sebenarnya 'tenggelamnya' Jumbo Floating Restaurant juga sudah bermula pada masa pandemi Covid-19, sampai pada 2 Maret 2020, pengelola restoran ini menutup pintu restoran secara permanen. Mereka mengatakan penutupan ini sampai batas waktu yang tidak diketahui.

Saat ini, intinya, belum ditemukan solusi jangka panjang yang akan membuat operasional Jumbo Floating Restaurant tetap bertahan di Hong Kong. Warga Hong Kong pun ramai-ramai menyuarakan agar restoran ini dipertahankan.



Simak Video "Mukbang Dimsum Hong Kong Halal di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT