ADVERTISEMENT

Roti Sourdough Rasa Lokal Meriahkan 'A Piknik Affair' di Restoran Ini

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 05 Jun 2022 15:30 WIB
Piknik Affair
Foto: Detikcom
Jakarta -

Agenda piknik biasa dilengkapi dengan makan roti. Tak seperti roti biasa, restoran ini tawarkan roti bercita rasa lokal yang membuat piknik lebih menyenangkan.

Umumnya roti yang dibawa untuk piknik adalah roti tawar lapis dengan isian selai cokelat atau stroberi. Makanan ini mungkin terlalu membosankan.

Untuk membuat kegiatan piknik lebih menarik, salah satu restoran di Jakarta yaitu Acta Brasserie menawarkan kegiatan piknik bertemakan 'A Piknik Affair' yang diadakan pada tanggal 4 Juni - 5 Juni 2022, dimana pengunjung bisa mencoba beberapa makanan bercita rasa lokal yang cocok disantap saat sedang piknik.

Restoran ini berkolaborasi dengan dokter yang juga senang berkreasi dengan adonan kue yaitu Debryna Dewi. Sebagian besar dari makanan tersebut dibuat dari roti sourdough yang renyah dan chewy yang dibuat langsung oleh dokter ini.

Namun roti sourdough miliknya bukan hanya sekedar roti. Debryna bersama dengan beberapa chef lainnya seperti chef Rui Yamagishi dan Chef Nabila Yoestino bekerja sama untuk menciptakan menu sourdough yang lengkap dengan lauk khas Indonesia.

Beberapa menu pelengkap piknik yang tersedia antara lain Wagyu Se'I Sandwich, Cakalang Asap Kemangi Focaccia, Gulai Ayam Naan, Bread Platter, Trio Canele, Brioche French Toast, dan juga Martabak Sourdough.

Piknik AffairSalah satu menu piknik yaitu martabak sourdough yang legit. Foto: Detikcom

Setiap makanan diberi sentuhan cita rasa lokal yang lezat. Bahkan sourdough nya sendiri dibuat dengan campuran bahan-bahan khas Indonesia seperti sourdough andaliman, sourdough kemangi, dan sourdough papeda.

Konsep piknik ala Indonesia yang diusung ini memang sangat unik. Tim detikfood mendapat kesempatan untuk bertanya langsung kepada dokter Debryna mengenai alasan mengapa setiap makanan dibuat dengan sentuhan rasa lokal.

Dokter sekaligus pembuat roti Debryna menjawab bahwa mereka ingin memanfaatkan bahan makanan dan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia agar bisa diolah menjadi makanan yang lezat.

"Alasannya karena Indonesia punya banyak bahan makanan dan rempah-rempah, sayang aja kalau gak dimanfaatin. Jadi dibandingkan harus bikin makanan dengan oregano yang diimpor dari luar negeri, lebih baik kita gunakan bahan makanan dari Indonesia seperti kemangi yang rasanya juga pasti Indonesia banget." ucapnya pada acara A Piknik Affair by Acta Brasserie.

Piknik AffairCakalang Asap Kemangi Focaccia dengan roti sourdough kemangi. Foto: Detikcom

Ternyata beberapa bahan makanan juga diambil langsung dari petani-petani lokal. Ini dilakukan sekaligus untuk memajukan dan membantu para petani lokal.

Tak hanya itu, beberapa bahan dan adonan makanan juga dibuat sendiri oleh dokter Debryna. Seperti biang adonan roti sourdough miliknya yang sudah berumur lebih dari 30 tahun, dan juga papeda yang dibuat sendiri sehingga teksturnya lebih kental.

"Di Jakarta kan ngga ada papeda ya. Jadi ini saya buat sendiri dari kelapa dicampur dengan air dan beberapa bahan lainnya, jadinya teksturnya lebih kental." ujar dokter Debryna.

Piknik AffairGulai Naan dengan adonan dari papeda yang dibuat sendiri sehingga teksturnya lebih kental.
Foto: Detikcom

Jika ingin menghabiskan akhir pekan dengan berpiknik sekaligus menyantap makanan Indonesia yang lezat, acara ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dimulai dari hari Sabtu, 4 Juni - Minggu, 5 Juni 2022 pukul 9 pagi sampai 3 sore.



Simak Video "Menikmati Roti Jadul Legendaris Tahun 70-an, Bikin Nostalgia Masa Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT