ADVERTISEMENT

Ini Hukum Pakai Wadah Bekas Makanan Haram Menurut Ulama

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 03 Jun 2022 05:00 WIB
Ini Hukum Pakai Wadah Bekas Makanan Haram Menurut Ulama
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yevhenii Podshyvalov
Jakarta -

Tidak hanya bahan makanannya saja, peralatan bekas makanan haram juga wajib dihindari umat Muslim. Lalu bagaimana cara mencucinya?

Bagi umat Muslim, haram dan halal bukan hanya sekadar bahan utama yang digunakan dalam makanan saja. Tetapi ada beberapa faktor lain yang menentukan suatu makan halal dapat berubah menjadi haram.

Proses yang dilalui sebuah bahan makanan juga dapat menentukan hukum yang berlaku pada makanan tersebut. Mulai dari penyembelihan untuk produk daging hewan dan olahannya hingga peralatan yang digunakan.

Ada batasan-batasan lebih jauh dari sekadar haram dan halal yang wajib diperhatikan umat Muslim sebelum menyantap makanan. Wadah yang digunakan untuk makanan halal harus diperhatikan penggunaan sebelumnya.

Ini Hukum Pakai Wadah Bekas Makanan Haram Menurut UlamaTidak hanya bahan makanannya, kondisi wadah dan peralatan makan juga penting diperhatikan Muslim. Foto: Getty Images/iStockphoto/Yevhenii Podshyvalov

Mengutip penjelasan ustaz Syafiq Riza Basalamah dalam akun YouTube Taman Surga (29/5), dirinya menjawab pertanyaan seorang jamaah soal hukum makan di tempat yang menjual makanan halal dan haram. Menurutnya ada keraguan yang perlu diwaspadai terkait peralatan memasak dan makan yang digunakan.

"Jadi, yang halal itu sudah jelas halal dan yang haram sudah jelas haram dan diantara keduanya ini ada hal-hal yang syubhat. Ketika sebuah restoran menyajikan campuran (halal dan haram) dan hanya berdasarkan katanya makanan yang halal dipisahkan pengelolaannya, lebih baik ditinggalkan," kata ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Hal ini diungkapkan oleh ustaz Syafiq Riza Basalamah sebagai salah satu bentuk syubhat karena setiap pedagang pasti akan memuji makanan yang disajikannya. Ia juga mengatakan bahwa jika terlalu dekat dengan yang syubhat bisa jadi umat Muslim akan mudah terjebak kepada yang diharamkan.

Serupa dengan pernyataan ustaz Syafiq Riza Basalamah, Buya Yahya juga menerangkan tentang hukum menggunakan wadah dan peralatan memasak yang digunakan untuk makanan haram. Hal ini terutama berlaku pada muslim yang tinggal di lingkungan mayoritas non-muslim.

Buya Yahya bahkan secara tegas melarang penggunaan peralatan dan wadah yang digunakan bekas makan atau memasak makanan haram. Terlebih ketika bisa melihat sendiri pengelolaan antara makanan halal dan haram sebaiknya lebih berhati-hati untuk menggunakan wadah dan peralatan yang digunakan.

"Masalah wadah, jika wadah itu dalam dugaan kuat atau bahkan Anda tahu wajan untukmenggorengnya yang goreng babi (misalnya) dan yang goreng ayam itu sama, itu haram untuk digunakan karena Anda melihatnya," ungkap BuyaYahya.



Simak Video "Masak Masak: Yuk Bikin Kerang Batik Asam Manis"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT