ADVERTISEMENT

Bau Busuk! Wanita Ini Dapat 'Bonus' Kotoran Sapi Saat Beli Sup Jeroan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 02 Jun 2022 14:30 WIB
Bau Busuk! Wanita Ini Dapat Bonus Kotoran Sapi Saat Beli Sup Jeroan
Foto: Facebook Annisa Fakrulrazi via @MALAYSIAVIRALL dan Says
Jakarta -

Saat hendak makan sup jeroan sapi, wanita ini dapat 'bonus' tak terduga. Di dalam usus sapi terdapat banyak kotoran yang baunya bikin tak nafsu makan!

Di Asia, sapi dimanfaatkan tak hanya dagingnya saja, tapi juga jeroannya seperti usus, babat, paru, dan lainnya. Komponen jeroan sapi ini bisa diolah menjadi beragam hidangan enak.

Salah satunya sup jeroan yang juga jadi favorit di Malaysia. Paduan jeroan sapi dengan gurih segarnya kuah kaldu dari sup ini bikin banyak orang tertarik mencoba.

Wanita Malaysia bernama Annisa Fakrulrazi tak melewatkan beli sup jeroan sapi atau dikenal dengan sebutan sup perut di sana. Ia membelinya dari sebuah kedai makan yang laris manis. Kedai ini disebut banyak orang punya sup jeroan enak.

"Jadi saya pun tertarik mencoba. Beli untuk dibungkus karena mau makan di rumah," katanya yang mengeluarkan uang RM 20 (Rp 66 ribu) untuk membeli sup jeroan sapi.

Saat di rumah, Annisa memanaskan sup itu, namun ia kaget karena muncul bau busuk. Setelah mengecek supnya, betapa kagetnya Annisa karena menemukan dua bagian usus penuh kotoran sapi!

Bau Busuk! Wanita Ini Dapat 'Bonus' Kotoran Sapi Saat Beli Sup JeroanUsus berisi penuh kotoran sapi didapat Annisa saat mencicipi sup jeroan sapi yang ia beli dari sebuah kedai ramai. Foto: Facebook Annisa Fakrulrazi via @MALAYSIAVIRALL dan Says

"Ada dua bagian usus sapi penuh kotoran. Saya telepon penjual untuk mengadukan masalah ini. Dia bilang itu lemak dalam perut sapi. Dipikir saya tidak tahu apa bedanya lemak dengan kotoran sapi!" tulisnya seperti dikutip dari Says (1/6).

Dari foto yang ia bagikan, terlihat potongan ususnya berwarna putih kecokelatan. Ketika dibelah terdapat penuh kotoran berwarna kehijauan yang memenuhi rongga usus.

Unggahan Annisa ini jadi semakin viral setelah diunggah ke akun Twitter @MALAYSIAVIRALL. Banyak netizen merasa mual dan jijik melihat temuan kotoran sapi dalam sup jeroan.

"Saya baca pun sudah dapat membayangkan rasanya, mau muntah," kata seorang netizen. "Tak pernah makan dan tak pernah mau cicip sup perut. Organ-organ hewan seperti empedu, hati, otak, lidah, dan lain-lain tak mau saya makan," sahut netizen lainnya.

Bau Busuk! Wanita Ini Dapat 'Bonus' Kotoran Sapi Saat Beli Sup JeroanNetizen banyak yang jijik melihat usus sapi berisi penuh kotoran. Foto: Facebook Annisa Fakrulrazi via @MALAYSIAVIRALL dan Says

"Saya tak berani makan sup perut kalau bukan ibu saya yang masak. Sebab inilah contohnya," kata netizen lain. Selain itu, tak sedikit netizen yang kesal mengetahui tanggapan penjual sup jeroan sapi tempat Annisa membeli.

"Kalau dia bilang itu lemak sapi, berikan padanya. Minta dia makan dan lihat, lemak seperti apa dalam usus sapi itu," kata netizen kesal. "Lain kali bungkus lagi makanan itu, bawa pergi ke kedai. Suruh penjual itu makan di depan mata karena dia bilang itu lemak," ujar netizen lain.

Mengolah jeroan sapi sebagai hidangan memang agak rumit. Kamu perlu memastikan semua komponen jeroan bersih dari kotoran. Pertama, pilih jeroan yang segar. Setelah itu cuci jeroan di air mengalir.

Bau Busuk! Wanita Ini Dapat 'Bonus' Kotoran Sapi Saat Beli Sup JeroanUnggahan Annisa soal temuan usus sapi penuh kotoran dalam sup jeroan yang ia beli, viral di Twitter. Foto: Facebook Annisa Fakrulrazi via @MALAYSIAVIRALL dan Says

Kamu juga bisa merendam jeroan dalam air kapur sirih selama sekitar 30 menitan untuk menghilangkan bau amis. Setelahnya, cuci lagi jeroan hingga bersih sebelum diberi bumbu dan dimasak hingga matang.

Rebus jeroan berulang kali. Bisa juga ditambah daun salam agar bau amisnya hilang. Kemudian buang buih-buih yang mengapung pada air rebusan jeroan. Terakhir, kamu bisa masak jeroan dengan aneka rempah.

Tips di atas bisa membuat jeroan bebas kotoran dan bau amis. Memakan hidangan jeroan pun jadi lebih nikmat.



Simak Video "Kembali Hadir Duta Sasa 2022!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT