ADVERTISEMENT

5 Orang Ini Jatuh Sakit Gegara Sering Makan Daging Babi 

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 02 Jun 2022 11:00 WIB
Makan Produk Daging Babi Olahan, Wanita Ini Terserang Bakteri Salmonella
Foto: DailyMail
Jakarta -

Tak kalah populer dari daging sapi. Daging babi dikonsumsi banyak orang. Tapi ada beberapa orang yang justru sakit setelah konsumsi daging hewan satu ini.

Di beberapa ajaran agama, mengonsumsi daging babi memang tidak dianjurkan dan sifatnya haram. Namun daging babi sendiri, merupakan salah satu jenis daging hewan yang populer dikonsumsi orang di berbagai negara. Popularitasnya sama seperti daging ayam dan daging sapi.

Namun dalam beberapa kasus, ada orang-orang yang langsung terserang penyakit, atau jatuh sakit ketika mereka menyantap daging babi. Beberapa di antaranya memang ada yang hobi dan merupakan penggemar daging babi. Ada juga yang sudah terbiasa makan daging babi dalam keadaan mentah.

Berikut kisah viral beberapa orang yang makan daging babi, dan jatuh sakit setelahnya.

Baca Juga: 5 Alasan Khusus Mengapa Babi Diharamkan bagi Muslim" selengkapnya

1. Hobi Makan Daging Babi Mentah

Mitos tentang daging babi daging babi Foto: iStock

Seorang wanita di Thailand, mengalami masalah kesehatan yang serius setelah bagian tubuhnya diserang oleh cacing parasit. Cacing parasit ini timbul karena adanya infeksi, setelah wanita ini kerap menyantap daging babi mentah. Ketika diperiksa ke dokter, ia kaget menemukan ada lebih dari ratusan cacing parasit hidup di dalam tubuhnya.

Rupanya hal ini terjadi karena wanita yang dirahasiakan identitasnya ini, sangat menyukai daging mentah, terutama daging babi. Akan tetapi dia mulai merasa tidak enak badan, dan akhirnya memeriksakan kondisinya ke dokter. Dokter pun menyarankan agar wanita ini mengambil tes X-Ray.

Nampaknya, cacing-cacing kecil ini berhasil masuk ke dalam tubuh dari saluran pencernaan. Setelah cacing berhasil masuk, parasit akan mulai mempengaruhi setiap bagian tubuh termasuk syaraf otot. Untuk menghilangkannya, wanita ini akhirnya diberikan kapsul hingga tindakan operasi untuk mengeluarkan cacing-cacing tersebut dari tubuhnya.

2. Terserang Bakteri Salmonella

Jadi pelanggan tetap produk daging babi olahan keluaran Mr Porky. Wanita asal Inggris bernama Susan Williamson, berakhir menuntut perusahaan produk makanan itu karena ia mengklaim langsung jatuh sakit setelah menyantap produk daging babi dari Mr Porky.

Wanita berusia 64 tahun ini sebelumnya menyantap lima bungkus daging babi olahan dari Mr Porky. Di mana produk daging Mr Porky ini sempat ditarik dari peredaran di bulan September lalu, karena ada laporan 179 konsumennya yang mengalami diare dan muntah-muntah setelah makan ini.

Susan mengaku sebelumnya ia menyantap olahan daging babi itu sebanyak lima bungkus dalam waktu beberapa hari. Ia kemudian mulai mengalami diare sampai halusnasi.

Karena kondisi tak kunjung membaik, ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan ternyata semua gejalanya merupakan penyakit yang timbul dari bakteri salmonella. Sampai akhirnya kini Susan menuntut perusahaan tersebut untuk ganti rugi.

3. Makan Daging Babi Setengah Matang

Mitos tentang daging babidaging babi Foto: iStock


Remaja berusia 18 tahun yang identitasnya tidak disebutkan ini, kehilangan kesadaran setelah mengalami kejang di tubuhnya. Lewat pemeriksaan medis, ditemukan adanya benjolan di permukaan otaknya. Di mana hal ini berakibat fatal untuk keselamatannya.

Kondisi ini disebut neurocysticercosis karena ada larva parasit yang ditemukan dalam daging babi setengah matang. Sehingga ketika parasit ini masuk ke dalam tubuh, mereka menimbulkan efek samping yang menyerang sistem saraf pusat, sehingga memicu kejang.

Ketika pasien diperiksa lebih lanjut melalui tes serum, para dokter memastikan bahwa remaja pria tersebut sudah terinfeksi oleh T. Solium. Atau cacing yang biasa berada di dalam daging babi.

Sebelumnya para dokter sudah mengobati remaja ini dengan obat anti peradangan, yang biasanya digunakan untuk meredam reaksi alergi, radang sendi, hingga psoriasis. Dokter juga memberikannya obat anti-epilepsi, untuk mencegah kejang. Sayangnya, itu semua tidak cukup untuk menyelamatkan nyawa sang pasien.



Simak Video "Makan di Warung Tenda Nolda Pocha Berasa Jadi Peran Drakor"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT