ADVERTISEMENT

5 Alasan Khusus Mengapa Babi Diharamkan bagi Muslim

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 04 Nov 2021 11:30 WIB
5 Alasan Khusus Mengapa Babi Diharamkan bagi Muslim
Foto: Getty Images/iStockphoto/GO
Jakarta -

Tertulis jelas dalam Alquran bahwa babi haram dikonsumsi Muslim. Bukan sekadar larangan, ternyata ada 5 alasan khusus mengapa babi diharamkan bagi Muslim? Seperti ini penjelasannya.

Larangan untuk Muslim mengonsumsi babi tercantum dalam beberapa ayat Alquran. Salah satunya Surah An-Nahl ayat 115.

Ayat tersebut berbunyi, "Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Bukan hanya daging babi, melainkan semua yang berasal dari babi juga haram hukumnya untuk dikonsumsi. Mulai dari darah, bangkai, sampai minyak babi.

Tentu ada alasan mengapa Allah SWT mengharamkan konsumsi babi bagi Muslim? Alasan ini terutama karena dampak kesehatan yang muncul akibat konsumsi babi.

Mengutip Inside Saudi (4/11/21), inilah 5 alasan khusus mengapa babi diharamkan bagi Muslim:

1. Allah SWT memerintahkan Muslim untuk tidak makan babi

Alquran adalah pedoman hidup untuk Muslim. Segala hal yang tertulis dalam Alquran hendaknya dipatuhi, termasuk soal halal dan haramnya konsumsi sebuah makanan.

Terkait babi, ada 4 surah dalam Alquran yang menunjukkan bahwa Allah SWT melarang Muslim makan babi. Keempat surah itu adalah Al-Baqarah ayat 173, Al-Ma'idah ayat 3, Al-An'am ayat 145, dan An-Nahl ayat 115.

Jika disimpulkan, keempat ayat dari empat surah tersebut secara jelas menyebut babi sebagai salah satu makanan yang diharamkan. "Tidak makan bangkai, darah, babi atau hewan yang disembelih kepada selain Allah," pesan dari surah-surah tersebut.

Dari segi kesehatan fisik, mengonsumsi makanan seperti yang disebutkan di atas bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan karena bakteri, virus, hingga sifat racun yang terkandung di dalamnya. Lalu dari segi kesehatan spiritual, mengonsumsi babi disebut bisa merusak moral atau sifat emosional manusia.



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT