ADVERTISEMENT

Kenali 5 Saus Pasta Paling Populer dan Paduan Pastanya yang Cocok

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 31 Mei 2022 10:30 WIB
Pasta dan Saus Pasta
Foto: iStock
Jakarta -

Jenis pasta ratusan jumlahnya. Tiap jenis saus pasta punya paduan jenis pasta yang cocok. Ini agar pasta bisa dinikmati dengan baik. Seperti 5 saus dan paduan sausnya berikut ini.

Saus menjadi bahan yang sangat penting dalam hidangan pasta. Ini karena saus itulah yang akan membuat cita rasa dari pasta lebih nikmat. Karenanya perlu dipilih dengan cermat sebelum memasak pasta.

Olahan saus pasta sendiri sangat beragam. Saus-saus ini memiliki rasa dan karakteristiknya masing-masing. Mulai dari rasa manis, asam, gurih, hingga rasa pedas.

Orang Italia memasak pasta dengan melihat jenis pasta dan suas paduannya yang cocok. Saus yang kental cocok untuk pasta yang pipih lebar karena saus akan menempel dengan mudah pada permukaan pasta. Jadi tak asal diberi saus tetapi disesuaikan dengan jenis pastanya.

Dirangkum dari mashed.com (26/05), berikut adalah 5 saus pasta paling populer berikut paduan jenis pasta yang cocok.

1. Bolognese

Saus bolognese merupakan saus paling populer. Saus bolognese sendiri menjadi saus yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Biasanya orang Indonesia suka sekali menggabungkan saus bolognese dengan jenis pasta spaghetti.

Saus bolognese terbuat dari campuran daging giling yang dimasak dengan saus tomat. Namun resep yang tertulis pada tahun 1891 tidak menyebutkan tomat atau daging sapi.

Pasta dan Saus PastaSaus bolognese terbuat dari campuran daging giling yang dimasak dengan saus tomat. Namun resep yang tertulis pada tahun 1891 tidak menyebutkan tomat atau daging sapi. Foto: iStock

Sejak saat itu beberapa bahan telah dimodifikasi seperti tambahan kaldu, mentega, wortel, dan lain-lain. Tetapi ada pula yang masih menggunakan bahan bolognese pada umumnya.

Untuk rasanya, saus bolognese memiliki rasa asam manis yang didapat dari tomat serta aroma gurih daging yang didapat dari daging giling tersebut. Jenis pasta yang terbaik untuk saus ini adalah tagliatele dan spaghetti.

2. Pesto

Pesto adalah saus pasta yang tak kalah populer. Saus berwarna hijau ini dibuat dari basil segar, kacang pinus, minyak zaitun, bawang putih, garam, keju pecorino. Pesto juga biasanya disajikan dengan taburan keju parmesan.

Untuk mendapatkan sensasi autentik dari pasta bumbu pesto ini, biasanya bahan saus ditumbuk dengan ulekan. Mungkin saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan blender, tetapi rasanya sedikit beda. Jenis pasta yang cocok untuk saus ini adalah trofie atau trenette, pasta yang pipih.



Simak Video "'Pasta Padang', Ketika Bumbu Minang Kawin dengan Pasta Italia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT