ADVERTISEMENT

8 Fakta Menarik Hamburger McDonald's yang Tak Banyak Diketahui Penggemarnya

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 30 Mei 2022 18:00 WIB
Fakta McDonalds
Foto: Getty Images
Jakarta -

Hamburger McDonald's menjadi menu andalan yang digemari di seluruh dunia. Ternyata, burger ini memiliki fakta menarik yang perlu kamu ketahui.

Sebagai restoran cepat saji yang berjaringan global, McDonald's selalu memberi perhatian besar terhadap menu makanan dan minuman yang dijualnya. Selalu saja ada varian baru yang menarik perhatian penggemarnya di dunia.

Salah satu menu yang banyak digemari dari dulu hingga sekarang adalah hamburger. Hamburger dengan daging yang tebal, dilengkapi roti yang lembut menjadikan menu ini pilihan menarik. Terlebih lagi jika hamburger McDonald's dilengkapi dengan kentang goreng dan minuman soda.

Banyak oramg yang tergila-gila dengan hamburger milik McDonald's dan ternyata ada beberapa fakta menarik di baliknya. Dari terciptanya menu BigMac hingga menu Ronald yang digandrungi anak-anak.

Dirangkum dari insider.com (30/05), inilah 8 fakta menarik hamburger McDonald's yang belum banyak diketahui orang.

1. Restoran McDonald's Pertama Bukan Restoran Burger

Fakta McDonald'sPendiri dan ketua McDonald's Corporation, Ray Kroc, berdiri di salah satu McDonald sedang memegang hamburger dan minuman. Foto: insider/Getty Images

Pada tahun 1954, calon pendiri McDonald's Corporation yaitu Ray Kroc menemukan sebuah restoran kecil milik McDonald bersaudara yang terletak di San Bernardino, California.

Restoran kecil itu memiliki menu barbekyu McDonald's pertama berukuran besar dengan penawaran yang paling terkenal adalah hot dog. Jadi sebenarnya restoran ini awalnya bukan merupakan restoran burger.

Lalu pada tahun 1948, barulah McDonald bersaudara mengubah konsep menjadi restoran burger dengan mengurangi beberapa menu.

Pada tahun tersebut restoran burger milik McDonald bersaudara hanya menawari sembilan item antara lain; hamburger, burger keju, minuman ringan, susu, kopi, keripik kentang, dan kue.

Satu tahun setelahnya yaitu 1949, keripik kentang diubah menjadi kentang goreng atau french fries dan restoran McDonald's ini mulai menjual milkshake.

Restoran McDonald's juga tidak memerlukan pelayan sehingga burger dimasak terlebih dahulu, dibungkus, dan dihangatkan di bawah lampu pemanas sehingga pelanggan akan menerimanya dalam waktu singkat.

2. Pada tahun 1948, Burger McDonald's harganya 500 Perak

Pada tahun 1948, burger milik McDonald's bisa didapatkan hanya dengan 15 sen atau 500 rupiah. Namun setelah Ray Kroc merevolusi perusahaan dan mendirikan apa yang kita kenal dengan McDonald's saat ini, burger 500 perak tidak bisa didapat lagi.



Simak Video "McDonald's di Rusia Bakal Ganti Nama"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT