Gurih Nagih Ramen

5 Ramen Kaki Lima yang Tak Kalah Populer dari Ramen Bintang Lima

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 27 Mei 2022 13:00 WIB
RAN Ramen: Oishii! Ramen Kaki Lima Buatan Mantan Chef Resto Jepang
Foto: detikfood
Jakarta -

Ramen kaki lima banyak yang enak dan terkenal di daerah Jakarta. Kedai ramen kaki lima ini bahkan popularitasnya tak kalah dari ramen mewah bintang lima.

Meski berasal dari Jepang, ramen sudah familiar di lidah orang Indonesia. Dulu ramen memang hanya tersedia di restoran makanan Jepang, restoran khusus di dalam mall dan tempat lainnya. Namun kini, semakin banyak ramen dengan konsep kedai kaki lima yang bermunculan.

Meski konsepnya kaki lima, tapi rata-rata racikan ramen di sini sama enaknya dengan ramen yang ada di dalam restoran mewah. Seperti kedai RAN Ramen, yang didirikan oleh mantan chef di restoran Jepang. Kemudian ada Rwamen Sultan, ramen dengan tampilan mewah yang harganya terjangkau.

Berikut lima rekomendasi tempat makan ramen kaki lima populer di Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Oishii! Diracik Sejak Tahun 1860-an Kini Ramen Mendunia" selengkapnya

1. RAN Ramen

RAN Ramen: Oishii! Ramen Kaki Lima Buatan Mantan Chef Resto JepangRAN Ramen: Oishii! Ramen Kaki Lima Buatan Mantan Chef Resto Jepang Foto: detikfood

Di Jakarta, ramen kaki lima enak bisa kamu cicip di Ran Ramen. Lokasinya di Radio Dalam, tepatnya di Jalan Bri Radio Dalam No.99. Gerai ramen ini buka setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 6 sore.

Menu andalan di sini adalah Energy Ramen yang memakai kuah shoyu. Lalu ada juga ramen ayam kuah pedas dengan topping ayam, wakame, jagung, dan telur rebus.

Harga per porsi ramen sekitar Rp 34 ribu - 37 ribu. selain ramen, di sini juga ada chicken karage dan beef yakiniku enak yang sayang dilewatkan. Di sini rasa ramennya dijamin enak meski hanya di tenda kaki lima. Karena yang meracik ramen di RAN Ramen, merupakan mantan chef di restoran Jepang.

2. Ramen Sultan

Ramen Sultan juga mengusung konsep gerai ramen kaki lima. Harganya terjangkau, namun kelezatan menunya terjamin. Ramen Sultan bisa kamu sambangi di Jalan Perdagangan 1 Nomor 1, Bintaro.

Menu ramen di sini antara lain Roban Ramen, Shoyu Ramen, dan Mhabo Ramen. Roban Ramen, misalnya, diberi kuah asin pedas kemudian dilengkapi topping ayam, jamur, dan telur.

Kalau mau yang agak manis, kamu bisa coba Mhabo Ramen. Toppingnya termasuk ayam dan tofu. Ramen Sultan melayani makan di tempat sampai pukul 8 malam. Kisaran harganya sekitar Rp 20.000 saja.

3. Yaki N Ramen Cuy

Goma Kitchen : Sensasi Makan Fire Ramen yang Berkobar Dijilati ApiRamen Foto: detikFood

Di daerah Kemang ada Yaki N Ramen Cuy, kedai makan khas Jepang kaki lima yang harganya bersahabat dan enak. Di sini menu populernya tentu saja aneka ramen yang enak. Menu yang wajib dicoba ada Yaki Ramen.

Yaki Ramen ini menggunakan chicken katsu sebagai topping utamanya, ditambahkan telur, daun bawang dan mayo. Kemudian ada Yaki Ramen Beef Katsu dengan konsep serupa, yang menggunakan daging sapi diolah menjadi katsu.

Puas menyantap ramen. Di kedai ini juga terkenal dengan Yakimeshi, atau nasi goreng khas Jepang. Ada yakimeshi untuk vegetarian, sampai yakimeshi dengan tambahan daging sapi. Kisaran harga makanan di sini sekitar Rp 30.000 saja.



Simak Video "Menjajal Ramen Autentik Khas Jepang di Kawasan SCBD"
[Gambas:Video 20detik]