ADVERTISEMENT

Tips Merawat Alat Masak Agar Lebih Awet ala Chef Yuda Bustara

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 27 Mei 2022 14:00 WIB
Chef Yuda Bustara
Foto: Modena Indonesia

2. Kompor

Kompor menjadi alat masak yang wajib dimiliki setiap rumahtangga. Hal ini karena kompor adalah peralatan esensial dalam kegiatan memasak.

Karena penggunaannya yang lebih sering dibandingkan alat masak lain, seringkali kita mendapati kompor cepat berkarat dan banyak kotoran bekas masak yang menempel. Hal ini tentu akan mempengaruhi ketahanan kompor itu.

Untuk mengatasinya, chef Yuda Bustara memberikan cara praktis untuk menghindari masalah ini. Cukup dengan rutin membersihkan kompor yang habis digunakan.

"Kalau saya sih habis masak dibersihkan. Intinya setiap habis masak sesuatu langsung dibersihkan.", tutur chef muda ini.

Cara membersihkannya sangatlah mudah. Kompor bisa dibersihkan dengan menggunakan lap, bahan seperti cuka, ataupun produk kimia tertentu.

"Habis masak dibersihkan saja entah itu pakai lap atau pake kimia kayak cuka atau produk kimia khusus." lanjut Chef Yuda.

3. Wajan Penggorengan

Banyak orang Indonesia yang mengonsumsi makanan yang digoreng. Karenanya wajan penggorengan selalu menjadi alat masak yang tak kalah penting.

Sehabis masak dengan wajan penggorengan, tentu saja minyak yang tebal masih banyak yang menempel meski sudah dicuci sekalipun.

Alhasil minyak dan kotoran hitam bekas masak sulit untuk dibersihkan karena sebelumnya wajan penggorengan tidak dibersihkan dengan baik.

POV of frying pan with non-stick surface and hot oil under water tap flow in sink. Care kitchenware conceptChef Yuda Bustara mengungkapkan, jika bahan wajan tersebut terbuat dari granite alumunium tentu saja tidak boleh terkena alat masak lain yang terbuat dari besi. Foto: Getty Images

Wajan itu pun akan menjadi kurang tahan lama karena bekas-bekas kotoran yang masih banyak menempel membuat penggorengan kurang efisien dipakai.

Masalah ini sebenarnya sangat mudah diatasi. Tak perlu bahan dan cara yang kompleks untuk merawat wajan penggorengan. Tetapi, perawatan wajan penggorengan juga harus disesuaikan dengan jenis bahan yang dimiliki.

Chef Yuda Bustara mengungkapkan, jika bahan wajan tersebut terbuat dari granite alumunium tentu saja tidak boleh terkena alat masak lain yang terbuat dari besi.

"Wajan penggorengan yang dari granite seperti ini, cara penggunaannya jangan pakai yang besi besi seperti spatula besi. Jadi pake aja spatula dari karet. Sebenarnya tergantung dari bahannya juga sih dan jangan lupa baca buku panduan karena itu sebenarnya penting", ungkapnya.

Selain merawat alat masak dengan beberapa cara sederhana, buku panduan juga perlu dibaca dengan teliti agar tahu cara dan hal apa yang boleh dan tidak dilakukan ketika menggunakan alat masak itu.

4. Panci Stainless Steel

Panci stainless steel atau baja tahan karat adalah salah satu alat masak yang banyak digemari. Permukaannya yang lebih kuat akan menghindari panci ini dari segala macam masalah seperti retak atau penyok.

Panci stainless steel juga menjadi alat masak anti karat sehingga penggunaannya akan lebih tahan lama.

Meskipun tahan lama, panci ini juga tetap harus dirawat dengan baik. Peralatan stainless seperti ini biasanya akan mudah bernoda. Apalagi jika apinya terlalu panas, biasanya bagian luar panci akan menghitam.

Alat MasakPeralatan stainless seperti ini biasanya akan mudah bernoda. Apalagi jika apinya terlalu panas, biasanya bagian luar panci akan menghitam. Foto: Getty Images

Dalam kondisi panci yang sudah menghitam, chef Yuda membagikan tips sederhana dengan cara menghilangkannya dengan soda kue, cuka, ataupun jeruk lemon.

"Kalau panci stainless sudah mulai menghitam, bisa dicoba dulu pakai baking soda sama cuka atau lemon. Tapi kalau masih ringan bisa dibersihkan dengan air dan sabun." ungkap Chef Yuda Bustara.

Perawatan alat masak stainless steel sebenarnya bisa terbilang mudah. Tetapi jika perawatannya salah dan tidak baik, akan membuat alat masak ini cepat rusak.



Simak Video "Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli HP Baru "
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT