Gawat! Harga Chicken Rice Makin Mahal, Banyak Gerai di Singapura Bakal Tutup

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 26 Mei 2022 08:00 WIB
Gawat! Harga Chicken Rice Makin Mahal, Banyak Gerai di Singapura Bakal Tutup
Foto: Getty Images/iStockphoto/showcake
Jakarta -

Harga chicken rice di Singapura diprediksi semakin mahal. Beberapa gerai chicken rice juga kabarnya bakal tutup sementara karena hal ini.

Chicken rice adalah salah satu makanan nasional Singapura yang terpengaruh budaya Hainan dan Kanton, China. Chicken rice disukai karena layaknya 'one dish meal' di mana komposisinya lengkap.

Dalam seporsi chicken rice ada nasi Hainan yang gurih harum, irisan fillet ayam rebus, sayuran, dan pendamping kuah kaldu. Ada juga pelengkap saus sambal, jahe, hingga saus tiram yang menambah kenikmatan rasa.

Chicken rice sangat populer di negeri Singa dan mudah ditemukan dimana-mana, namun sayangnya belakangan ada kabar buruk menyangkut hidangan ini. Diprediksi harganya bakal naik.

Mengutip Mothership SG (24/5), pada 1 Juni 2022 harga ayam dari Malaysia bakal naik. Hal ini juga berdampak pada harga chicken rice Singapura dimana bahan baku ayamnya bersumber dari Malaysia.

Gawat! Harga Chicken Rice Makin Mahal, Banyak Gerai di Singapura Bakal TutupSuasana salah satu gerai chicken rice laris di Singapura pada tahun 2019. Foto: Getty Images/iStockphoto/showcake

Kenaikan harga ayam sebenarnya sudah terjadi pada April 2022. Bloomberg melaporkan angkanya mencapai 5,7%. Seorang pemilik gerai chicken rice sudah menyatakan bahwa harus menaikkan harga jual karena ini.

"Kami jelas harus menaikkan harga untuk pelanggan. Kami tidak punya pilihan," katanya. Menurut catatan The Straits Times, beberapa pemilik gerai chicken rice memperkirakan kenaikan harganya 10 hingga 30%.

Daniel, pemilik gerai OK Chicken Rice, mengatakan masalah pasokan ayam yang berkurang menjadi penyebab utamanya. Gerai chicken rice halal miliknya menggunakan ayam impor Malaysia.

Ia harus menyesuaikan banyak hal jika terpaksa mengganti pasokan ayamnya. Untuk penggunaan ayam beku pun diragukannya karena ukurannya lebih kecil.

Gawat! Harga Chicken Rice Makin Mahal, Banyak Gerai di Singapura Bakal TutupAyam impor Malaysia dinilai pemilik gerai chicken rice memiliki ukuran lebih besar dibanding ayam beku. Foto: Getty Images/iStockphoto/showcake

Biasanya ia memakai ayam seberat 2,3 kg, tapi ayam beku beratnya hanya 1,2 kg. Daniel pun coba mengecek beberapa importir ayam untuk melihat apakah ekspor ayam diizinkan?

Daniel mengatakan sudah pernah mencoba bikin chicken rice dari ayam beku, tapi ia tidak menyukai rasanya. Dalam skenario terburuk, dirinya berencana menutup gerai sementara.

Begitupun dengan pemilik gerai chicken rice lain yang memilih menutup gerai sementara sebagai opsi. Beberapa pegawai yang terdampak rencananya akan dipindahkan ke perusahaan lain dalam satu grup.

Gawat! Harga Chicken Rice Makin Mahal, Banyak Gerai di Singapura Bakal TutupChicken rice merupakan makanan nasional Singapura yang digemari banyak penduduk lokal maupun turis. Foto: Getty Images/iStockphoto/showcake

Sebelumnya penjual chicken rice tetap berusaha menjual menunya dengan harga SGD 3-4 atau sekitar Rp 32-42 ribu, namun adanya kenaikan tagihan listrik dan biaya lain membuat mereka menaikkan harga SGD 0.5 atau sekitar Rp 5 ribuan pada Januari 2022.

Mereka bilang ingin mempertahankan harga yang ada, tapi situasi kembali berubah. Daniel mengatakan kenaikan harga mungkin menjadi sebuah jawaban yang sudah tidak bisa dihindarkan lagi.



Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)