Legit Manis Permen Susu Karamel Jepang Ini Sudah Ada Sejak 1913!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 23 Mei 2022 11:30 WIB
Legit Manis Permen Susu Karamel Jepang Ini Sudah Ada Sejak 1913!
Foto: Grape Japan
Jakarta -

Warnanya cokelat muda dengan tekstur legit manis, inilah permen susu karamel yang amat populer di Jepang. Permen yang diproduksi oleh Morinaga ini sudah ada sejak 1913!

Dari sekian banyak jenis permen di dunia, permen susu menjadi salah satu yang paling disukai. Sesuai namanya, permen ini menghadirkan rasa susu yang kuat.

Biasanya permen susu memiliki tekstur lembut dan kenyal, bukan keras seperti permen kebanyakan. Saat digigit, akan tercecap rasa susu diiringi dengan perasa lain yang ditambahkan.

Di Indonesia, permen susu yang terkenal adalah merek White Rabbit Creamy Candy. Permen asal China ini juga kerap disebut permen kelinci karena memiliki logo kelinci di kemasannya dan warnanya putih susu.

Selain itu, orang Indonesia juga tak asing dengan permen susu warna cokelat dari Jepang. Permen ini bernama Milk Caramel yang diproduksi Morinaga sejak 10 Juni 1913.

Mengutip Grape (21/5), permen susu ini punya sejarah panjang. Sampai sekarang produknya masih dipasarkan dengan kemasan yang sama yaitu boks warna kuning terang dengan karakter beruang dan kelinci.

Legit Manis Permen Susu Karamel Jepang Ini Sudah Ada Sejak 1913!Kotak kemasan permen susu karamel legendaris Jepang keluaran Morinaga. Foto: Grape Japan

Desain klasik ini sengaja dipertahankan Morinaga, bahkan masih dengan tagline yang sama sejak dulu yaitu "bergizi dan enak". Tagline ini disematkan pada permen susu karamel pada Era Taisho yaitu tahun 1912-1926.

Tujuan perusahaan adalah menggambarkan permen susu karamel ini sebagai camilan anak-anak. Sebab dahulu pemasarannya fokus menonjolkan karamel sebagai produk mewah dan pengganti rokok bagi orang dewasa.

Ketika Morinaga ingin memasarkan permen susu karamel pada anak-anak, tagline "bergizi dan enak" diharapkan bisa menarik perhatian. Apalagi permen ini memang dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral yang mendukung tumbuh kembang anak.

Saat ini permen susu karamel Morinaga dijual tak lebih dari USD 1 atau Rp 14 ribuan untuk satu kotak isi 12. Permen berbentuk kotak-kotak kecil ini masih dikemas menggunakan lembaran kertas abu-abu.

Legit Manis Permen Susu Karamel Jepang Ini Sudah Ada Sejak 1913!Permen susu karamel dibalut lembaran kertas yang membuatnya praktis dibawa. Foto: Grape Japan

Desainnya simpel dan praktis. Ketika seseorang ingin membawanya, permen susu karamel ini gampang ditaruh dimanapun. Konon Morinaga menciptakan mesin pembungkus karamel otomatis pada tahun 1928 dan masih dipertahankan sampai sekarang.

Soal rasa, permen susu karamel ini disukai karena creamy, kaya rasa butterscotch, dan meleleh dengan lembut di mulut. Rasa manis karamelnya juga pas, tidak bikin eneg sehingga rasa susu juga masih menonjol.

Kelebihan lainnya, tekstur permen susu karamel ini benar-benar lembut. Tak terjejak buliran-buliran kasar saat di mulut sehingga bisa meleleh dengan sempurna. Tak heran kalau banyak orang bisa menghabiskan banyak permen ini sekaligus.

Legit Manis Permen Susu Karamel Jepang Ini Sudah Ada Sejak 1913!Rasanya yang manis legit membuat permen karamel Jepang ini punya banyak penggemar. Foto: Grape Japan

Saat ini permen susu karamel Morinaga juga dipasarkan dengan kemasan unik buatan Tomoko Shintani. Jika digabungkan, kemasan ini bisa membentuk 3 dimensi yang membuatnya cocok dijadikan koleksi.

Selain dalam kemasan kotak, Morinaga juga menjual permen susu karamel dalam kemasan kotak besar yang tentunya memiliki karamel lebih banyak. Lalu ada juga pilihan rasa selain karamel yaitu azuki (kacang merah) dan pistachio untuk waktu terbatas.

Kalau kamu penasaran atau ingin mencicipi permen susu karamel Jepang ini, di Indonesia permen ini banyak dijajakan di situs marketplace. Harganya sekitar Rp 45 ribu per kotak.



Simak Video "KuTips: Tutorial Bikin Es Permen Gulali Jadul Check! "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)