Dingin Segar Gelato

Rekor Gelato Unik, Ada 238 Rasa hingga Tebak Rasa 15 Gelato dalam Semenit

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 22 Mei 2022 15:00 WIB
Rekor Gelato Unik, Ada 238 Rasa hingga Tebak Rasa 15 Gelato dalam Semenit
Foto: World Record Academy
Jakarta -

Membahas gelato kurang lengkap rasanya tanpa membicarakan rekor dunia terkait gelato. Ada rekor rasa gelato terbanyak yang dijual sebuah gerai hingga menebak rasa 15 gelato dengan benar dalam semenit.

Popularitas gelato begitu mendunia. Tak heran kalau ada banyak pihak yang coba memecahkan rekor dunia dengan subjek gelato. Pemecahan rekor dunia ini menyedot perhatian karena juga dicatat oleh Guinness World Records.

Pertama, ada rekor rasa gelato terbanyak yang dijual di sebuah gerai. Peraihnya adalah La Casa Gelato yang berlokasi di Vancouver, Kanada. Pada 14 November 2019, pihaknya menghadirkan 238 rasa gelato.

La Casa Gelato bukanlah 'pemain baru' dalam industri gelato di Kanada. Berdiri sejak 1982, La Casa Gelato sudah punya tempat di banyak hati penggemar gelato.

"Ketika kami membuka gerai tahun 1982, kami hanya menyajikan 20 rasa. La Casa Gelato kemudian dikenal sebagai The Gelato King yang memiliki 40 rasa, hingga kemudian berkembang menjadi 68, 88, hingga 138 rasa," kata La Casa Gelato dalam situs resminya.

Rekor Gelato Unik, Ada 238 Rasa hingga Tebak Rasa 15 Gelato dalam SemenitRekor gelato unik didapat La Casa Gelato tahun 2019 saat memperkenalkan 238 rasa gelato. Foto: World Record Academy

Tak berhenti di situ, pilihan rasa gelato di La Casa Gelato semakin banyak hingga memecahkan rekor dunia sebanyak 238 rasa. Saat itu, untuk memeriahkan acara pemecahan rekor, mereka juga membuat gelato rasa Dom Perignon champagne dengan lembaran emas yang bisa dimakan.

Sosok pencipta rasa gelato itu adalah pendiri La Casa Gelato, Vince Misceo. Ia sudah menciptakan lebih dari 600 rasa selama berkarir.

Beberapa rasa gelato unik yang pernah dibuatnya adalah bacon cokelat dan mangga, kimchi, hingga durian. Gelato durian buatannya bahkan sempat jadi viral.

Rekor gelato unik selanjutnya dipecahkan oleh merek gelato Italia bernama Dolato di Kairo, Mesir. Mereka menggelar acara tantangan pada tahun 2021 bertajuk "Do You Dare?"

Rekor Gelato Unik, Ada 238 Rasa hingga Tebak Rasa 15 Gelato dalam SemenitRekor gelato unik juga ada di Mesir dari tantangan mencicipi rasa gelato dengan benar. Foto: World Record Academy/Flair

Dolato mencari sosok yang bisa mengidentifikasi 15 rasa gelatonya dengan tepat dalam 1 menit. Saat mencicipi gelato tersebut, penantang ditutup matanya.

Tantangan sekaligus rekor ini akhirnya berhasil dipecahkan seorang wanita bernama Nancy Moussa. Ia mendapat hadiah gelato gratis selama setahun.

Moussa berhasil menebak cita rasa unik dari gelato yang sudah dibuat para pakar. Banyak orang saat itu tertarik memecahkan rekor, namun Moussa lah yang berhasil menuntaskan tantangan dengan hasil sempurna.



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)