Sah! Arief Muhammad Resmi Jadi Duta Nasi Padang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 21 Mei 2022 10:37 WIB
Arief Muhammad Ditunjuk Sebagai Duta Nasi Padang
Foto: Instagram @ariefmuhammad
Jakarta -

Arief Muhammad pernah heboh soal cara makan nasi Padang. Kini YouTuber itu ditunjuk sebagai Duta Nasi Padang oleh Wagub Sumatera Barat.

Arief Muhammad dikenal sebagai penulis buku 'Poconggg Juga Pocong' yang juga seorang YouTuber dan pengusaha terkenal. Meski tempat kelahirannya di Batam, YouTube ini merupakan keturunan Minangkabau.

Karena memiliki darah Minang Arief Muhammad mengetahui betul seperti apa makanan khas daerahnya, salah satunya Nasi Padang. Beberapa waktu lalu, Arief Muhammad juga menghebohkan netizen soal cara makan Nasi Padang yang benar.

Arief Muhammad menyebutkan kalau cara makan Nasi Padang terbaik adalah menggunakan tangan langsung. Ia juga menentang cara menikmati Nasi Padang memakai sendok karena akan menghilangkan esensinya.

Mulai dari sanalah nama Arief Muhammad dilirik oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat. Secara resmi Arief Muhammad ditunjuk sebagai Duta Nasi Padang. Ia menerima piagam penghargaan langsung dari Audy Joinaldy selaku Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Arief Muhammad Ditunjuk Sebagai Duta Nasi PadangArief Muhammad Ditunjuk Sebagai Duta Nasi Padang Foto: Instagram @ariefmuhammad

Baca Juga: Arief Muhammad Ungkap Sensasi Makan Nasi Padang Pakai Tangan dan Sendok

Momen penting ini diunggah dalam bentuk foto oleh Arief Muhammad di akun Instagram pribadinya. "Alhamdulillah, selesai juga hajatan hari ini. Bangga sekaligus terharu dengan sambutan luar bisa dari Pemprov SUMBAR, khususnya Pak Wagub, Abang @joinaldy. Mulai dari tari-tari penyambutan, pencak silat, sampai makan bajamba," tulis keterangan Arief Muhammad di Instagram (20/5).

"Perhari ini, saya resmi diangkat menjadi DUTA NASI PADANG. Bangga sekaligus beban.. karna di akhir acara, Abang @joinaldy memberi challenge untuk terus mempromosikan Sumatera Barat ke depannya. Tantangan ini akan saya jawab dengan berdedikasi untuk membuka..." lanjutnya.

Arief Muhammad Ditunjuk Sebagai Duta Nasi PadangArief Muhammad Ditunjuk Sebagai Duta Nasi Padang Foto: Instagram @ariefmuhammad

Dalam pernyataan yang diberikan Arief Muammad kalau ia mengaku bangga dengan apresiasi yang diberikan Wagub Sumatera Barat tersebut. Arief Muhammad juga turut menyebutkan kalau dirinya akan terus mempromosikan Sumatra Barat lebih banyak.

Baca Juga: Babak Baru Makan Nasi Padang Pakai Tangan, Arief Muhammad Pasang Banner Besar

Prosesi penyerahan piagam penghargaan sebagai Duta Nasi Padang itu dilanjutkan dengan makan bajamba. Makan bajamba merupakan tradisi makan bersama di Sumatera Barat. Biasanya makan bajamba dilakukan saat ada pertemuan penting.


Selain ditunjuk menjadi Duta Nasi Padang, Arief Muhammad juga mengumumkan kalau dirinya akan membuka restoran Padang. Restoran itu diberi nama Padang Payakumbuah.

Kabarnya restoran Padang Payakumbuah ini akan dibuka di seluruh provinsi di Indonesia. Bukan usaha yang main-main, proses mendirikan restoran Padang ini juga dipikirkan secara matang oleh Arief Muhammad.

"Perjalanan mempersiapkan rumah makan @padangpayakumbuah ini melalui proses yang cukup panjang. Untuk menjaga cita rasa dan keotentikan resep, nantinya bahan baku yang dipakai akan dikirim langsung dari beberapa daerah di Sumbar. Yang kami harapkan dapat membantu perekonomian petani dan UMKM lokal di Sumatera Barat," ungkap Arief Muhammad melalui akun Instagram-nya (20/5).

Banyak netizen dan penggemar yang memberikan komentar untuk Arief Muhammad setelah terpilih menjadi Duta Nasi Padang. "No sendok sendok club!" komentar salah satu netizen, "Armuh buka rumah makan nasi Padang ga nyediain sendok sama sekali," komentar lainnya.

Baca Juga: 10 Alat Masak Sisca Kohl, Ada yang Harganya Rp 55 Juta



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)