Orang Sukarela Datang ke Kedai yang Sepi dan Borong Pizza untuk Bantu Penjualnya

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 20 Mei 2022 18:30 WIB
Orang Sukarela Datang ke Kedai yang Sepi dan Borong Pizza untuk Bantu Penjualnya
Foto: Mothership/FB
Jakarta -

Melakukan aksi kebaikan bisa kapan saja dan di mana saja. Seperti membantu pemilik kedai pizza kaki lima, yang jualannya sepi dan tidak ada yang beli.

Internet dan sosial media kini memiliki fungsi untuk menyebarkan informasi secara cepat dan jangkauan yang luas tak terkira. Banyak orang nasib hingga kehidupannya berubah setelah kisahnya viral di media sosial.

Seperti kisah pria bernama Umar Fabrice, penjual pizza khas Western halal di Singapura. Ia membuka kedai makan pizza sederhana bernama Mat Western, yang menjual aneka pizza dan kopi homemade buatannnya sendiri di daerah Bedok North Street.

Dilansir dari Mothership (20/05), awalnya kisah Umar ini dibagikan oleh selebrity chef asal Singapura yaitu Chef Bob (Sharizal Salleh) di Facebook miliknya. Di dalam video wawancaranya, Umar yang merupakan mualaf, mengaku bahwa dagangannya sepi dan tidak ada yang datang ke kedainya. Ia takut bisnisnya bangkrut, karena ia sudah banyak berhutang.

Baca Juga: Bikin Haru Aksi Bocah Siapkan Bakso untuk Ibunya yang Belum Makan" selengkapnya

Umar sendiri merupakan chef profesional yang menempuh pendidikan di sekolah memasak di Prancis. Ia pernah bekerja sebagai executive chef di Prancis dan Singapura.

Meski memiliki pengalaman di bidang kuliner yang menakjubkan, namun Umar mengaku bahwa kedainya sepi. Bahkan selama 1,5 tahun mendirikan kedai tersebut, dia belum pernah mendapatkan keuntungan sama sekali. Keterangan video juga menunjukkan, bahwa dirinya meminjam uang dari pemilik lahan dan juga beberapa supplier makanan. Umar bahkan sempat menangis ketika curhat di video tersebut.

Orang Sukarela Datang ke Kedai yang Sepi dan Borong Pizza untuk Bantu PenjualnyaOrang Sukarela Datang ke Kedai yang Sepi dan Borong Pizza untuk Bantu Penjualnya Foto: Mothership/FB

Tak disangka banyak orang yang tersentuh dengan kisah perjuangan Umar. Setelah videonya viral dan dibagikan lebih dari 3,6 ribu kali, dirinya mulai mendapatkan pelanggan baru.

Video ini sampai ke komunitas Halal Cafe & Restaurants in Singapore yang aktif di Facebook. Mayoritas muslim Singapura, datang ke sana untuk membeli makanannya. Bahkan banyak yang memborong makanannya sampai semua makanannya habis.

Menurut hitungan yang ada di keterangan video Facebook tersebut, Umar butuh pemasukan SGD 1700 (Rp 18 juta) sehari selama 10 hari kedepan agar dia tidak diusir dari kedainya sekarang. Totalnya dia harus mengumpulkan sekitar Rp 180 juta.

Karena kisahnya viral di mana-mana, Umar memberikan klarifikasi bahwa dia sempat salah berkata. Dia memang memiliki masalah dengan keuangan, namun dia bersyukur bahwa kedai Mat Westernnya ini cukup banyak memiliki pelanggan setia.

Ia juga mengklarifikasi ucapannya, bahwa dia terlalu emosional sehingga salah berkata-kata. Ia memastikan bahwa dirinya tidak pernah meminjam uang ke manapun apalagi ke lintah darat untuk mempertahankan bisnisnya.

Terlepas dari kisahnya, Umar berhasil mendatangkan pelanggan baru. Dengan kisaran harga pizza yang dijualnya dari SGD 10 - SGD 15 (Rp 100.000 - Rp 150.000) per porsinya, dan semua pizzanya halal.

Baca Juga: Inspiratif! Aksi Mulia Warga Masyarakat Bagi Ratusan Porsi Makanan Gratis" selengkapnya



Simak Video "Jajal Sate Terenak di Lau Pa Sat Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)