Nasi Kapau Pakai Saus Mentai dan Salted Egg Ini Picu Pro dan Kontra Netizen

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 18 Mei 2022 18:00 WIB
Nasi kapau kekinian
Foto: TikTok @cewekdoyanmakan
Jakarta -

Berbeda dari yang lain, gerai ini menawarkan nasi kapau kekinian pakai mentai dan salted egg. Begini tanggapan netizen.

Nasi kapau merupakan kuliner khas Minang. Sekilas, nasi kapau memang terlihat mirip nasi Padang. Namun, keduanya memiliki perbedaan pada jenis-jenis lauknya.

Misalnya pada lauk rendang. Jika di restoran Padang rendang biasa terbuat dari daging sapi, maka di rumah makan nasi Kapau ada berbagai varian rendang.

Mulai dari rendang sapi, rendang ayam, dan rendang daka-daka. Untuk bumbunya, nasi kapau biasa disajikan dengan gulai kapau yang terbuat dari rebung, lobak dan kacang panjang.

Baca Juga: Yuk! Mampir ke Nagari Kapau, Desa Tempat 'Lahirnya' Nasi Kapau

Nasi kapau kekinianNasi kapau kekinian Foto: TikTok @cewekdoyanmakan


Dari paduan tersebut menghasilkan cita rasa yang autentik. Namun, belum lama ini ramai sebuah gerai yang menawarkan nasi kapau dengan varian yang lebih kekinian.

Seperti yang dibagikan oleh seorang food vlogger dengan akun @cewekdoyanmakan. Pada videonya ia memperlihatkan penampilan nasi kapau kekinian tersebut.

Satu porsi nasi kapaunya terdiri dari nasi, daun singkong, sambal cabai merah, sambal cabai hijau dan bumbu rendang. Kemudian ia menambahkan saus mentai.

"Ini tuh bener-bener unik dan baru pertama gue coba. Ternyata ini perpaduan yang enak banget. Rendangnya gurih empuk dan mentainya enak banget," ujarnya.

Baca Juga: Berburu Nasi Kapau di Kramat Raya Jakarta

Nasi kapau kekinianNasi kapau kekinian Foto: TikTok @cewekdoyanmakan

Selain itu, mereka juga menawarkan lauk berupa ayam pop salted egg. Ayam pop yang biasa berwarna putih itu kemudian dilumuri salted egg yang creamy.

Dikonfirmasi detikFood (18/05) gerai tersebut bernama Kapau Anak Sultan. Gerai nasi kapau ini sudah memiliki banyak cabang di kawasan Jakarta.

Hadirnya nasi kapau kekinian tersebut kemudian menimbulkan pro dan kontra dari netizen. Ada yang penasaran ingin mencicipi dan ada pula yang menyebut itu tidak cocok.

"Menarik sih idenya jadi pengen nyobain," tulis netizen.

"Sekarang apa-apa dikasih mentai atau salted egg ya. Ngeri rasa aslinya ilang deh, nasi kapau atau nasi Padang itu udah paling enak asli," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Keunikan Nasi Kapau yang Berbeda dari Nasi Padang



Simak Video "Nasi Kapau, Lezatnya Nasi Gulai Kuning Bercita Rasa Khas Asli Kota Bukittinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)