Pakar Etiket Kena Nyinyir Gegara Praktekan Cara Makan Pizza Pakai Pisau dan Garpu

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 16:00 WIB
Etiket makan pizza
Foto: TikTok
Jakarta -

Mempraktekkan cara makan pizza, seorang pakar etiket dari Inggris ini kena nyinyir netizen. Pizzanya dimakan pakai pisau dan garpu.

Setiap jenis makanan memiliki etiket atau cara makan tersendiri. Ada makanan yang mengharuskan dimakan menggunakan sumpit, pisau, garpu, sendok dan ada juga yang pakai tangan langsung.

Biasanya makanan sejenis roti-rotian dimakan pakai tangan langsung, seperti pizza misalnya. Namun, pakar etiket dari Inggris ini justi mempraktekkan cara makan pizza yang tak biasa.

Dalam video TikToknya, pakar etiket bernama Lucy Challenger memperlihatkan cara makan pizza yang benar adalah menggunakan pisau dan garpu.

Baca Juga: 5 Tips 'Cheting Day' ala dr Richard Lee Agar Berat Badan Tetap Terkontrol

Cara makan pizzaCara makan pizza bagi orang Italia adalah menggunakan tangan langsung Foto: iStock

"Menurut banyak teman Italia saya, makan pizza pakai pisau dan garpu adalah hal yang wajar," ujarnya, seperti yang dikutip dari 7News.Au (16/05).

Ia menyebutkan bahwa jika kamu disajikan pizza utuh, maka kamu harus memotongnya menjadi irisan segitiga sebelum makan. "Mulai dari tengah, lalu dengan gerakan zig-zag," lanjutnya.

Lebih lanjut, Lucy mengatakan bahwa cara makan pizza tersebut sesuai untuk etiket cara makan formal di Inggris. Videonya viral dan mendapat nyinyiran dari netizen.

"Sepertinya ini terlalu sulit. Kami biasa makan pakai tangan langsung," tulis netizen.

Baca Juga: 5 Fakta Kuliner Menarik Elon Musk, Pengusaha Kaya yang Baru Beli Twitter

Cara makan pizzaCara makan pizza di Italia adalah dengan melipat menjadi empat bagian Foto: iStock

"Tidak semua makanan bisa dimakan pakai pisau dan garpu ya," tulis netizen lainnya.

Sebagai makanan dari Italia, tentu oran Italia memiliki etiket tersendiri tentang bagaimana cara makan pizza sesuai dengan tradisi mereka selama ini.

Menurut Enzo Coccia, ahli pizza di Italia, kesalahan saat makan pizza adalah dengan memegang pada bagian bawahnya. Cara ini bisa membuat topping pizza bergeser.

Cara yang benar adalah dengan melipat pizza seperti dompet. "Orang Italia makan pizza Neapolitan dengan cara dilipat seperti dompet, kemudian mereka makan sambil jalan," ujarnya seperti yang dikutip dari The Manchester Evening News.

Cara melipatnya adalah dengan lipat jadi dua bagian kemudian lipat lagi jadi empat bagian. Cara ini akan membuat topping pizza tidak bergeser ketika dimakan.

Namun, cara ini berlaku untuk pizza ala Italia saja. Sebab pizza Italia memiliki adonan kulit yang tipis sehingga mudah dilipat.

Baca Juga: Tak Perlu Garpu dan Pisau, Begini Cara Makan Pizza Italia yang Benar



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)