Modal Rp 6 Juta, Pasutri Ini Sukses Bikin Ramly Burger Terkenal di Malaysia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 13:00 WIB
Modal Rp 6 Juta, Pasutri Ini Sukses Bikin Ramly Burger Terkenal di Malaysia
Foto: Ramly Burger
Jakarta -

Menyebut burger populer di Malaysia tak bisa meninggalkan Ramly Burger. Meski hanya dijajakan di kaki lima, kelezatan burger ini sukses memikat selera pencinta burger.

Burger umumnya dijajakan di restoran, namun di beberapa negara, ada penjual burger kaki lima yang populer. Cita rasa burger buatan mereka diakui enak meski harganya dibanderol lebih murah.

Jika di Indonesia dulu sempat populer Burger Edam, di Malaysia ada Ramly Burger yang konsepnya serupa. Burger dijual di kios kaki lima dengan harga murah, namun kualitas dan rasanya boleh diadu.

Ramly Burger kini jadi salah satu ikon kuliner Malaysia, khususnya di Kuala Lumpur. Banyak yang jatuh cinta dengan cita rasa burger kaki lima ini dari saat pertama kali mencoba.

Modal Rp 6 Juta, Pasutri Ini Sukses Bikin Ramly Burger Terkenal di MalaysiaDato Dr. Hj. Ramly Mokni dan sang istri, Datin Hjh. Shala Siah Abdul Manap, pendiri Ramly Burger yang populer di Malaysia Foto: Ramly Burger

Mengenai sejarahnya, Ramly Burger sudah ada sejak 1979. Pendirinya, Dato Dr. Hj. Ramly Mokni dan sang istri, Datin Hjh. Shala Siah Abdul Manap.

Berawal dari kekhawatiran mengenai kehalalan produk daging di pasaran, Ramly yang memang berprofesi sebagai tukang daging akhirnya memasuki pasar daging dengan mengusung konsep halal. Ia ingin muslim Malaysia bisa menikmati olahan daging yang terjamin kebersihan dan kehalalannya.

Mengutip World of Buzz (16/5), Dato Ramly lantas mengembangkan produk patty burger homemade halal sebagai pembeda. Awalnya ia mengajukan pinjaman ke pemerintah daerah untuk memulai usaha, namun ditolak.

Tak putus asa, Dato Ramly mengerahkan uang yang saat itu ia punya. Totalnya RM 2000 atau sekitar Rp 6,6 juta untuk kurs saat ini.

Modal Rp 6 Juta, Pasutri Ini Sukses Bikin Ramly Burger Terkenal di MalaysiaPatty burger menjadi produk andalan Ramly Burger hingga saat ini. Foto: Instagram aiyongshop.bag

Dato Ramly akhirnya mampu memproduksi sekitar 200 patty burger dengan modal itu, tapi ternyata keberuntungan belum ada di sisinya. Penjualan patty burger bekunya tak terlalu berhasil.

Ia lantas berpikir kenapa tidak menjual patty burgernya dalam kondisi matang? Hal ini akhirnya ia lakoni sambil tetap menjual patty burger beku.

Akhirnya dari 1 pelanggan, berhasil berkembang jadi 5, dan kelipatannya. Hingga akhirnya Ramly Burger menjadi ikon kuliner burger di Malaysia.

Tahun 1984, Dato Ramly membangun pabrik pertamanya yang memproduksi patty burger. Produk ini menjadi merek utama dari unit usahanya yang kini sudah sangat berkembang.

Di Malaysia, kini dengan mudah produk Ramly Burger ditemukan di supermarket. Selain patty burger siap olah, ada juga fried chicken hingga kentang beku siap goreng.

Modal Rp 6 Juta, Pasutri Ini Sukses Bikin Ramly Burger Terkenal di MalaysiaRacikan Ramly Burger yang nikmat dengan 'selimut' telur. Foto: Instagram malaysiafoodandtravel

Tak hanya itu, banyak penjual burger kaki lima menawarkan burger berbahan patty Ramly Burger. Racikan burger inilah yang kemudian jadi terkenal dan jadi ikon di Malaysia.

Mengutip A Chef's Tour, burger ini disukai karena penuh rasa. Ciri khasnya ada pada pemakaian telur dadar yang mengapit patty burger.

Konon 'selimut' telur dadar inilah yang menjaga patty dan isian burger lain tetap juicy hingga saat dimakan nanti. Penjual Ramly Burger kemudian menambahkan mayonnaise, saus tomat, keju, hingga bubuk kari sebagai bumbu pelengkap.

Ramly Burger tersedia dalam pilihan patty daging sapi, ayam, domba, hingga udang. Harganya bervariasi, sekitar RM 8 (Rp 26 ribu). Cita rasa burger ini selalu sukses bikin kangen orang Malaysia maupun orang luar negeri yang sudah pernah mencobanya.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)