Nyentrik Banget! Pria Ini Jual Bihun Kuah Pakai Perahu Pink

Devi Setya - detikFood Jumat, 13 Mei 2022 15:30 WIB
Penjual bihun pakai perahu pink Foto: Sao Star
Jakarta -

Banyak strategi marketing yang dilakukan penjual makanan demi mendapatkan perhatian pelanggan. Seperti seorang pria yang menjual mie kuah di Vietnam yang jualan pakai perahu dan alat masak serba pink.

Di beberapa daerah ada pasar terapung yang menggelar aktivitas di atas sungai. Layaknya di pasar biasa, pasar terapung ini juga menjadi tempat berkumpulnya penjual dan pembeli makanan.

Di Indonesia pun ada pasar terapung yang cukup terkenal di Banjarmasin Kalimantan. Pasar ini pun sekaligus menjadi tempat wisata yang menarik bagi para pelancong.

Penjual bihun pakai perahu pinkPenjual bihun pakai perahu pink Foto: Sao Star

Berbagai bahan kebutuhan pokok hingga makanan dijajakan di pasar terapung menggunakan perahu kayu. Tapi ada satu penjual makanan yang berhasil menarik perhatian karena ia menggunakan perahu berwarna pink. Seluruh alat masak dan makannya pun berwarna senada.

Dilansir dari Sao Star (13/5) sebuah perahu merah muda di pasar terapung Cai Rang, Vietnam berhasil menarik perhatian. Perahu ini tampak paling mencolok diantara perahu lainnya. Warnanya pink cerah dan tampil kece.

Ternyata perahu ini menjual salah satu makanan khas Vietnam berupa bihun kuah yang disajikan dengan kuah kaldu hangat. Penjual ini bahkan sudah terkenal di kalangan wisatawan, banyak yang menyebutnya 'bihun merah muda'.

Kedai mie spesial ini namanya Phuong Hong. Penjual sudah berjualan selama 6 tahun dan mengakui bahwa strategi marketingnya ini berjalan sesuai harapan.

Selain karena perahu pink, makanan ini juga ramai pembeli karena rasanya enak dan harganya murah. Semangkuk bihun kuah dibanderol dengan harga 40.000 VND atau sekitar Rp 25 ribu.

Menurut pemilik perahu, rata-rata ia bisa menjual lebih dari seratus mangkuk dalam sehari. Ketika musim liburan, penjualan akan meningkat dan bisa laris hingga 300 mangkuk bihun kuah.

Bisa dilihat, seluruh bagian perahu ini dicat berwarna pink cerah. Bahkan penjual mie pun mengenakan topi caping yang juga berwarna pink. Demikian pula dengan alat masak seperti panci, wadah penyimpanan bumbu hingga baskom berwarna pink turut dibawa.

Menu andalan yang ditawarkan terbilang sederhana yakni bihun yang direbus bersama tahu, bakso dan sayuran lalu disajikan dengan kuah kaldu dan bumbu. Biasanya menu ini jadi menu sarapan.

Penjual bihun pakai perahu pinkPenjual bihun pakai perahu pink Foto: Sao Star

Banyak pengunjung yang mengambil foto penjual bihun kuah dengan perahu pink ini lalu mengunggahnya di media sosial. Ternyata popularitasnya makin meningkat. Semakin banyak orang yang penasaran dengan rasa bihun dari perahu pink ini.


"Di mana Anda menemukan perahu lucu ini di tengah sungai?" tanya netizen.

"Saya jadi sangat ingin untuk makan di sini, sangat lucu," sahut netizen lain.

"Ini sangat lucu, saya pasti akan datang untuk mencobanya bulan depan," kata netizen yang tergoda datang ke sini.



Simak Video "Bikin Laper: Sate Tegal Laka-laka Favorit Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com