5 Floating Market Paling Keren di Asia, Di Banjarmasin hingga Mekong Delta

Sonia Basoni - detikFood Senin, 22 Nov 2021 18:30 WIB
Pasar apung di Desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, ikut terdampak corona. Pengunjung pasar apung tersebut kian sepi. Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S
Jakarta -

Konsep floating market, atau pasar mengapung di atas sungai jadi konsep pasar tradisional unik yang ada di Asia. Mulai dari Indonesia hingga Vietnam.

Berbeda dengan pasar tradisional di negara Barat, negara Asia memiliki konsep pasar tradisional yang lebih beragam. Bahkan dianggap unik dan langka di mata dunia.

Salah satunya konsep floating market, atau pasar apung di mana para penjual menjajakan dagangan mereka seperti buah, sayuran hingga daging segar di atas perahu kayu yang mengaliri sungai-sungai tertentu.

Floating market ini umum ditemukan di berbagai negara di Asia. Seperti Indonesia yang punya pasar apung di Banjarmasin, hingga Vietnam yang Mekong Delta Floating Market yang kece.

Dilansir dari India Today (22/11), berikut lima floating market di Asia yang paling keren.

Baca Juga: Nyeleneh! 5 Restoran Ini Usung Konsep Kondom hingga Makan Sambil Telanjang" selengkapnya


1. Damnoe Saduak Floating Market

5 Floating Market Paling Keren di Asia, Di Banjarmasin hingga Mekong Delta5 Floating Market Paling Keren di Asia, Di Banjarmasin hingga Mekong Delta Foto: Site News

Jadi destinasi wisata paling favorit di Thailand, Damnoe Saduak Floating Market mengusung konsep pasar apung yang sudah terorganisir menjadi tempat wisata. Kebanyakan pengunjung yang mampir ke pasar tradisional ini adalah wisatawan asing.

Tak hanya menjual aneka bahan makanan segar seperti buah-buahan, sayuran, sampai aneka ikan. Di Damnoe Saduak Floating Market, pengunjung akan dimanjakan dengan banyak jajanan kaki lima khas Thailand yang dimasak langsung di atas perahu.

Cara membelinya juga cukup unik, perahu yang membawa penumpang akan mendekati perahu penjual. Jika salah satu penumpang ingin membeli makanan atau buah-buahan. Di sini juga pusatnya aneka suvenir cantik untuk dijadikan oleh-oleh dari Thailand, harganya juga terjangkau dan tidak mahal.

2. Lok Baintan

Pedagang pasar terapung melakukan transaksi di atas sungai Martapura, desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (13/12/2019). Pemerintah Provinsi Kalsel terus berupaya mendorong pengembangan sektor pariwisata dan bertekad mengalihkan sumber pendapatan daerah (PAD) utamanya dari sektor pertambangan ke pariwisata. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/ama.Pedagang pasar terapung melakukan transaksi di atas sungai Martapura, desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/ama. Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Beralih ke Indonesia, ada banyak pasar apung di Indonesia. Namun yang paling terkenal dan menarik, tentunya floating market Lok Baintan di Banjarmasin. Lok Baintan disebut sebagai salah satu floating market yang langka di dunia.

Bisa dibilang pasar tradisional ini berada di atas perairan Banjar, yang masih menjadi bagian dari Borneo (Kalimantan Selatan). Sama seperti di Thailand, kini Lok Baintan sudah menjadi destinasi wisata populer.

Jaraknya juga tak jauh dari pusat kota Banjarmasin, sekitar 45 menit menggunakan perahu. Di sini pengunjung bisa belanja dan tawar menawar dengan petani buah hingga sayuran lokal. Serta mempelajari budaya lokal orang Banjar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cerita Di Balik Kepopuleran Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com